Sukses

WHO Sebut Butuh Waktu 5 Tahun untuk Mengendalikan COVID-19

Tidak dalam waktu dekat, melainkan sekitar empat-lima tahun untuk bisa mengendalikan COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Butuh waktu sekitar empat hingga lima tahun untuk mengendalikan pandemi COVID-19. Hal ini disampaikan peneliti World Health Organization (WHO) Soumya Swaminathan.

"Saya sampaikan sekitar empat hingga lima tahun kita bisa mengontrol ini," kata Soumya dalam konferensi daring FT Global Boardroom seperti mengutip Daily Mail pada Kamis (14/5/2020).

Soumya juga mengatakan bahwa saat ini jalan keluar yang masih dianggap terbaik keluar dari pandemi virus Corona adalah vaksin. Namun, ia tidak menampik bahwa masih banyak yang bertanya-tanya mengenai kehadiran vaksin serta produksi dan distribusi agar merata.

Sepakat dengan Soumya, Kepala Emergensi WHO Mike Ryan mengatakan salah satu harapan adalah kehadiran vaksin COVID-19 yang efektif untuk semua yang membutuhkan di dunia ini. "Namun, vaksin ini harus benar-benar efektif serta tersedia bagi banyak orang," kata Mike.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapan Berakhir?

Mike mengungkapkan bahwa tidak bisa memprediksi kapan penyakit ini akan hilang.

"Saat ini ada virus yang masuk ke populasi manusia, dan sangat sulit memprediksi kapan kondisi ini akan usai," tutur Mike.

"Dan, saya rasa, tidak ada orang yang bisa memprediksi kapan penyakit ini akan berakhir," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.