Sukses

Peneliti Prancis Lakukan Tes Obat Arthritis untuk Pasien COVID-19 Bergejala Parah

Sekelompok peneliti di Prancis melakukan uji coba penggunaan obat arthritis tocilizumab pada pasien COVID-19 bergejala parah

Liputan6.com, Jakarta Belum ada obat spesifik untuk COVID-19 hingga saat ini. Namun, berbagai jenis pengobatan tengah diuji coba untuk melawan infeksi virus corona di dunia.

Beberapa waktu lalu, para dokter di Paris University Hospital Trust (AP-HP), Prancis melakukan tes pemberian obat arthritis pada pasien COVID-19 yang bergejala parah.

Mengutip New York Post pada Jumat (1/5/2020), obat yang bernama Tocilizumab ini diberikan pada 129 pasien yang mengalami pneumonia akibat virus corona dengan tingkat sedang hingga berat. Setengah dari pasien diberikan dua dosis suntikan obat bersama antibiotik, sementara yang lain diberikan pengobatan biasa.

Dilaporkan, para pasien yang diberikan tocilizumab lebih kecil kemungkinan untuk meninggal dan lebih sedikit yang memerlukan alat penyokong kehidupan. Situasi ini dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Diterbitkan Secara Resmi

Dilaporkan CTV News, para peneliti setempat juga mengatakan bahwa kemungkinan tocilizumab dapat mencegah badai sitokin, sebuah reaksi parah terhadap benda asing yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat. Kondisi ini terjadi pada kasus COVID-19 yang parah dan berisiko fatal.

Hanya saja, dikutip dari Straits Times, hasil dari penelitian ini belum diterbitkan secara resmi. AP-HP memutuskan mempublikasi studi ini sebelum benar-benar diterbitkan dengan alasan kesehatan masyarakat.

Mereka juga menegaskan bahwa masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat efektivitas obat serta potensi efek samping yang mungkin terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.