Sukses

Presiden China Berbagi Pengalaman Hadapi COVID-19 dengan Jokowi

Liputan6.com, Jakarta Xi Jinping, Presiden China berbagi cerita dengan Joko Widodo melalui sambungan telepon. Ia menceritakan pengalaman bangsanya yang berhasil melalui masa sulit pandemi COVID-19.

"Terima kasih telah berbagi pengalaman," kata Jokowi kepada Xi via telepon, Kamis (2/4/2020) seperti dikutip dari Antara.

Perbincangan ini berlangsung dengan pembahasan tentang bagaimana China menangani pandemi COVID-19.

"Penyebaran virus ini tidak mengenal batas negara. Kita harus terus bekerja sama menangani penyebaran virus ini dan saya juga sangat tidak setuju terhadap munculnya stigmatisasi," ujar Jokowi.

Ia menambahkan, upaya stigmatisasi sangat tidak bermanfaat di tengah situasi yang sulit ini.

Dalam perbincangan, Xi Jinping juga menyampaikan rasa prihatin atas wabah COVID-19 yang kini tengah melanda Indonesia.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

China Siap Dukung Indonesia

Setelah berbagi pengalaman dalam melawan COVID-19, Xi menyebut bahwa China siap menjadi pihak yang mendukung upaya Indonesia untuk melawan wabah tersebut.

"Kami percaya dan yakin dengan kegigihan Anda, Indonesia pasti akan mengalahkan wabah COVID-19," kata Presiden Xi Jinping.

Negeri tirai bambu ini adalah negara pertama yang terimbas wabah corona. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah. Xi menambahkan, Tiongkok siap lakukan kerja sama dengan berbagai negara.

"Indonesia akan menjadi salah satu prioritas kerja sama. Secara umum, kami siap bekerja sama dengan rakyat Indonesia, bersatu padu untuk mengatasi COVID-19," pungkas Xi.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: