Sukses

Dokter Gigi Amutavia Pancarsari Meninggal Akibat Positif COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali berembus, dokter gigi Amutavia Pancarsari Artsianti Putri meninggal dunia akibat positif Corona COVID-19. Almarhumah mengembuskan napas terakhir pada 29 Maret 2020 pukul 05.40 WIB.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI) Hananto Seno menyampaikan, dokter gigi Amutavia Pancarsari meninggal di RS Persahabatan Jakarta dalam perawatan COVID-19 yang dijalaninya.

"Benar dokter gigi Amutavia meninggal dunia. Mendiang positif Corona. Sebelumnya, dirawat beberapa minggu di RS Prikasih, Pondok Labu," tutur Hananto saat dikonfirmasi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Senin (30/3/2020).

"Makin lama, kondisinya memburuk sehingga dipindahkan ke RS Persahabatan. Di RS Persahabatan pada waktu itu sempat penuh, tapi kami berjuang agar mendiang mendapat perawatan di sana."

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pakai Ventilator

Amutavia Pancarsari menjalani perawatan di RS Persahabatan selama seminggu. Namun, kondisinya tak kunjung membaik.

"Kira-kira dirawatnya sudah seminggu di RS Persahabatan. Tapi lama-lama makin memburuk. Ternyata virusnya sudah menyebar ke (seluruh) paru-paru dan sekitar organ tubuh lainnya juga," lanjut Hananto.

"Untuk pendukung hidup selama dirawat, mendiang sudah memakai ventilator."

Nyawanya pun tak terselamatkan.

3 dari 3 halaman

Menyusul Dokter Gigi Yuniarto Budi Santoso

Dengan nada sedih, Hananto juga mengungkapkan, sebelumnya rekan sesama dokter gigi sudah ada yang meninggal dunia akibat Corona COVID-19. Dialah dokter gigi Yuniarto Budi Santoso.

"Sebelumnya, yang meninggal dokter gigi Yuniarto Budi Santoso pada 27 Maret 2020. Almarhum meninggal pada pukul 20.00 WIB dan sempat menjalani perawatan di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat," ucapnya.

Diketahui dokter Yuniarto merupakan salah satu orang dari cluster atau rombongan yang ikut bersama Wali Kota Bogor Bima Arya pulang berpergian dalam kunjungan keluar negeri, yaitu Turki dan Azerbaijan.

Dokter Yuniarto dinyatakan positif terjangkit virus Corona dan langsung diisolasi di ICU RSUD Kota Bogor.