Sukses

Ruang Isolasi Penuh, RSHS Gunakan Gedung Kemuning untuk Pasien COVID-19

Memasuki penghujung bulan Maret 2020, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) telah menggunakan seluruh fasilitas Gedung Kemuning sebagai lokasi penanganan pasien COVID-19.

Liputan6.com, Bandung - Memasuki penghujung bulan Maret 2020, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) telah menggunakan seluruh fasilitas Gedung Kemuning sebagai lokasi penanganan pasien COVID-19. Hal itu disebabkan daya tampung tiga ruangan isolasi khsusus COVID-19 dinyatakan telah penuh.

Menurut Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum RSHS Bandung M. Kamaruzzaman, tiga ruangan isolasi itu adalah Ruang Isolasi Khusus Kemuning (RIKK), ruang isolasi Instalasi Gawat Darurat (IGD), ruang isolasi dan ruang isolasi Kemuning I. Kapasitas tiga ruang isolasi tersebut hanya memiliki 36 tempat tidur dengan rincian 24 tempat tidur di ruang isolasi IGD, tujuh tempat tidur di ruang isolasi Kemuning I dan lima di RIKK.

"Nah, sekarang masuk skenario dua, kami mengunakan Gedung Kemuning. Gedung Kemuning itu termasuk di dalamnya yang sudah dipakai tadi saya bilang RIKK, ruang isolasi Kemuning I ditambah lantai dua, lantai tiga dan lantai empat. Total itu ada sekitar 103 tempat tidur, yang kita gunakan untuk menambah pelayanan bagi pasien-pasien PDP positif kami," kata Kamaruzzaman saat dihubungi via telepon, Bandung, Minggu, 29 Maret 2020.

Kamaruzzaman mengatakan saat ini pasien non-penyakit COVID-19 di lantai dua dan tiga Gedung Kemuning sedang dalam pemindahan bertahap ke ruangan lain. Karena jumlah pasien dengan pengawasan (PDP) yang datang ke RSHS terus mengalami peningkatan.

 

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rawat 22 Pasien Positif COVID-19

Kamaruzzaman menjelaskan data terakhir untuk kasus PDP positif COVID-19 di RSHS yaitu 22 orang, dari total 73 PDP yang dirawat secara intensif. Yang dipulangkan karena dinyatakan sembuh hanya tiga pasien.

"Pasien yang meninggal lima orang. Belum Sabtu kemarin katanya adanya yang meninggal juga, laporannya belum ke saya semua. Jadi akan ada lagi yang masuk baru lagi dan itu akan terus memenuhi," ucap Kamaruzzaman.

Namun apabila terjadi lonjakan jumlah pasien COVID-19 yang dirujuk ke RSHS, maka kemungkinan besar akan menggunakan ruangan di gedung lainnya untuk menampung. Tetapi rencana penggunaan gedung lain selain Kemuning belum diputuskan oleh manajemen RSHS. (Arie Nugraha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.