Sukses

Tips Mencegah Orang Alergi Tidak Kucek Mata Selama Wabah Corona

orang yang memiliki alergi, biasanya suka mengucek-ngucek matanya karena gatal. Apa yang harus dilakukan?

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak pemicu yang membuat seseorang mau nggak mau menyentuh wajah, mulut, atau matanya. Padahal, cara tersebut bisa dengan mudah menularkan virus Corona. Misalnya orang yang memiliki alergi, biasanya suka mengucek-ngucek matanya karena gatal. Apa yang harus dilakukan?

Brian Labus, seorang ahli penyakit menularmengatakan kebanyakan orang tidak bisa sepenuhnya menghilangkan kebiasaan yang tidak diinginkan, tetapi mereka dapat menguranginya. Mengubah lingkungan Anda dapat mengurangi dorongan Anda untuk menyentuh wajah Anda dan kebutuhan Anda untuk menggunakan respons alternatif.

"Kadang-kadang Anda perlu menyentuh wajah Anda, membersihkan gigi, memakai lensa kontak, membersihkan makanan dari bibir Anda, merias wajah atau mencukur rahang. Ingatlah untuk mencuci tangan terlebih dahulu," ujar Labus seperti dikutip The Conversation.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agar tak mudah menyentuh wajah

Berikut berbagi cara untuk mengelola pemicu agar tak menyentuh wajah dengan mudah seperti mengutip The Conversation:

- Jika kacamata Anda terus terlepas dari hidung Anda, Anda dapat menggunakan pengait telinga atau ikatan rambut untuk mencegah selip.

- Jika Anda menggigit kuku, Anda dapat membuat kuku Anda pendek, atau mengenakan sarung tangan atau perban ujung jari, sehingga menggigit kuku tidak mungkin dilakukan.

- Jika alergi membuat mata atau kulit Anda gatal-gatal atau hidung Anda tersumbat, Anda dapat membatasi paparan terhadap alergen atau mengonsumsi antihistamin.

- Jika makanan yang tersangkut di antara gigi Anda, Anda dapat menyikat gigi setelah makan.

- Jika rambut Anda masuk ke mata dan mulut, Anda dapat menggunakan karet, ikat rambut untuk mengikatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.