Sukses

Diam-Diam Kang Daniel Donasi 590 Juta untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Kang Daniel mendonasikan uang sejumlah 50 juta won (setara dengan 590 juta rupiah) untuk pecegahan dan pengobatan virus corona atau COVID-19. Nantinya uang ini akan dibelikan masker dan hand sanitizer untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Agensinya, Konnect Entertainment membenarkan bahwa Kang Daniel telah mendonasikan uangnya sendiri ke Bridge National Disaster Relief Association tanpa sepengetahuan agensi dan baru ketahuan pada tanggal 28 Februari, mengutip dari Newsen.

Sebelumnya, Kang Daniel dikenal sering melakukan donasi langsung tanpa sepengetahun agensi bahkan sejak masih menjadi peserta pelatihan. Kang Daniel dan Fansnya yang dijuluki Danity, diketahui sering menyebarkan kehangatan fandom ini dengan rutin melakukan donasi kepada yang membutuhkan, baik dalam bentuk uang, briket (semacam batu penghangat di musim dingin), dan bentuk lainnya.

Desember 2019 lalu, CEO Konnect Entertainment ini juga mendonasikan 30 juta won (sekitar 354 juta rupiah) ke grup sosial tunarunggu "Love Snails". Konnect entertainment sendiri mendonasikan 31.000 briket.

Setelah para fans mengetahui hal ini, mereka berbondong-bondong turut serta menyumbang untuk membantu melawan COVID-19.

"Saya ingin sedikit membantu mereka yang sedang menderita" ujar Kang Daniel.

Kang Daniel akan melanjutkan karirnya setelah hiatus dari depresi melalui reality show SBS "Hello Daniel" yang akan tayang 4 Maret.

2 dari 2 halaman

Artis Korea Berbondong-bondong Donasi untuk Lawan Virus Corona

Pemeran utama drama Crash Landing On You Son Ye Jin juga menyumbangkan 100 juta won (sekitar 1,17 miliar rupiah) untuk memerangi wabah virus corona di Korea Selatan pada Kamis (27/2). 

"Daegu adalah kampung halaman saya, tempat saya dilahirkan dan dibesarkan, serta tempat tingga orang tua saya sekarang. Jadi itu (Daegu) adalah tempat yang sangat istimewa bagi saya dan berita (wabah COVID-9) di Daegu sangat memilukan bagi saya," katanya.

"Saya harap (sumbangan saya) dapat memberikan semacam bantuan praktis kepada penduduk berpenghasilan rendah yang sangat membutuhkan bantuan sekarang lebih dari sebelumnya, serta bantuan dalam perawatan dan pencegahan COVID-19," katanya.

Donasi Son Ye Jin dilaporkan akan digunakan untuk membantu penduduk Daegu mendapatkan pasokan medis dan dukungan yang diperlukan untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

Selain Son Ye Jin, sejumlah artis/idol Korea ternama juga turut menyumbang, baik dalam bentuk uang ataupun masker wajah.

Di antaranya ada Gong Yoo, IU, Suzy, Kim Woo Bin, Park Seo Joon, Sunmi, Ahn Jae Wook, Park Hae Jin, Park Bo Young, ASTRO Cha Eun Woo, Girl's Day Hyeri, Kim Go Eun, Song Jong Ki dan lainnya.

Sampai saat ini, terdapat 43 selebritas yang turut serta berdonasi dan telah mengumpulkan lebih dari 2,5 miliar won (setara dengan 28,77 miliar rupiah).

Hingga Jumat pagi (28/2), wabah COVID-19 masih terus bertambah dengan pesat di Korea Selatan. Sudah ada 2.022 kasus dan 13 orang kematian, serta 18 orang dalam keadaan kritis, menjadikannya daerah terdampak terbesar kedua setelah China (78.832 kasus dan 2.788 kematian).