Sukses

Cek, 6 Hal yang Dapat Membentuk Hubungan Anda dan Pasangan Langgeng

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak ingin menjalin hubungan yang awet? Pastinya, semua orang berharap hal yang sama ketika menjalin sebuah hubungan. Hubungan yang sehat dapat memberikan manfaat yang baik untuk mental Anda dan pasangan.

Oleh karena itu, Anda dapat mencoba melakukan hal di bawah ini untuk membantu Anda dan pasangan menjaga hubungan tersebut agar berkembang dan memberikan manfaat bagi keduanya.

1. Pelajari Bahasa Cinta Anda dan Pasangan

Penulis buku The Five Love Languages, dr. Gary Chapman, menegaskan bahwa penting untuk mempelajari bahasa cinta pasangan Anda. Waktu yang berkualitas, memuji, dan menyuarakan rasa terima kasih juga termasuk bahasa cinta. Hal tersebut seperti yang dilansir dari Health.

2. Ajukan Pertanyaan Penting Setiap Hari

Anda dapat bertanya kepada pasangan, "Apa yang berjalan baik hari ini?". Cara ini merupakan diskusi timbal balik mengenai semua hal yang salah pada hari yang Anda jalani. Namun, jika Anda tidak berhati-hari dapat menimbulkan percakapan yang negatif.

2 dari 4 halaman

3. Luangkan Waktu Untuk Berkencan

Ketika Anda dan pasangan telah tinggal bersama, tetap saja benar-benar perlu menghabiskan waktu bersama yang berkualitas. "Secara sengaja perlu menyisihkan waktu untuk berhubungan dengan orang yang dicintai," kata ahli terapi pernikahan, Jelisha Gatling.

4. Menghormati Batasan dan Privasi

Perkembangan teknologi memudahkan Anda untuk saling melacak dan berkomunikasi secara konstan. Namun, menghormati masing-masing privasi serta tidak mendorong pasangan untuk melakukan hal-hal yang mereka tak sukai dapat membantu Anda meningkatkan kebahagiaan dalam hubungan dan dapat membangun rasa saling percaya. Hal tersebut sesuai dengan lansiran dari Psychology Today.

3 dari 4 halaman

5. Berkompromi

Meskipun sebagian besar orang bersifat individualis, untuk mencapai hubungan yang berhasil, Anda perlu keluar dari sifat egois dan menempatkan diri sendiri pada posisi orang lain. Namun, Anda juga harus menyeimbangkan kebutuhan sendiri dengan orang lain. Dengan berkompromi, Anda dan pasangan dapat saling menguntungkan.

6. Bersikap Jujur

Kebenaran yang tidak ingin Anda akui, bisa saja dapat merusak hubungan Anda. Oleh karena itu, Lebih baik menghadapi kebenaran secara langsung dan saat itu juga Anda mengatasinya.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut: