Sukses

Mengapresiasi Pasangan Penting untuk Membangun Hubungan Sehat

Liputan6.com, Jakarta Membangun suatu hubungan yang sehat memang sulit, seperti terhadap orangtua, teman, sahabat, bahkan pasangan. Namun, melalui hubungan tersebut, Anda akan mendapatkan dampak yang positif bagi kesehatan mental ataupun fisik.

Mungkin banyak orang yang merasa gagal dalam menjalin hubungan yang sehat, terutama terhadap pasangan. Berikut ini adalah cara membangun hubungan yang sehat agar Anda merasa bahagia bersama pasangan:

1. Memberikan Kepercayaan Kepada Pasangan

Seperti yang dilansir dari Psychology Today, kepercayaan merupakan salah satu cara yang paling penting dalam suatu hubungan. Tanpa kepercayaan, Anda akan terus-menerus bertanya apakah mereka mengatakan yang sebenarnya? Jika seperti itu, hubungan Anda rentan terhadap stres dan ketidakpastian.

2. Komunikasi yang Baik Kepada Pasangan

Berdasarkan lansiran dari Love is Respect, komunikasi yang terbuka, jujur, dan aman adalah bagian mendasar dari hubungan yang sehat.

Langkah pertama untuk membangun hubungan adalah memastikan Anda dan pasangan memahami kebutuhan dan harapan satu sama lain, bicarakanlah satu sama lain, saling menghormati keinginan dan perasaan, kompromikan, saling mendukung, dan saling menghargai.

2 dari 4 halaman

3. Saling Sabar

Tidak ada yang bisa menjadi manusia yang sempurna setiap saat. Faktor-faktor tertentu dapat membuat Anda mudah gelisah di berbagai titik dalam hidup.

Dalam hubungan yang sehat, Anda dan pasangan saling memperluas kesabaran yang memungkinkan perdamaian. Oleh karena itu, Anda dan pasangan harus mampu menyesuaikan diri dengan pasang surut suasana hati pasangan.

4. Menunjukkan Kasih Sayang dan Minat

Tindakan fisik kasih sayang, seperti pelukan, ciuman, dan sentuhan yang menghibur dapat membuat pasangan Anda merasa nyaman dan aman dalam hubungan tersebut.

Tidak ada perhitungan kasih sayang dalam suatu hubungan, selama kedua pasangan merasa nyaman dan kebutuhan mereka cocok, tidak akan ada masalah. Hal tersebut berlaku juga untuk keintiman fisik.

3 dari 4 halaman

5. Fleksibelitas

Penting bagi kedua pasangan untuk menunjukkan fleksibelitas dalam kehidupan sehari-hari. Jika hanya satu pihak yang melakukannya maka ketidakseimbangan itu dapat menjadi masalah dalam hubungan.

Dalam hubungan yang sehat, pasangan bersedia untuk menyesuaikan kebutuhan dengan perubahan dan pertumbuhan positif serta negatif yang mungkin terjadi dalam hubungan.

6. Mengapresiasi Pasangan

Penelitian tentang pentingnya rasa terima kasih dalam suatu hubungan akan membuat Anda dan pasangan menjadi lebih bahagia dan aman.

Ungkapan terima kasih memberikan rasa dihargai, meningkatkan kesejahteraan hubungan, dan meningkatkan kepuasan hubungan.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut: