Sukses

Bocah Perempuan Umur 4 Tahun Jadi Pasien Virus Corona Pertama yang Sembuh di Malaysia

Kemenkes Malaysia menyatakan, ini merupakan bukti bahwa infeksi virus corona bisa disembuhkan

Liputan6.com, Jakarta Seorang gadis empat tahun di Malaysia menjadi pasien pertama yang sembuh dari infeksi novel coronavirus atau yang lebih dikenal dengan nama virus corona. Bocah tersebut diketahui merupakan warga negara Tiongkok.

Kementerian Kesehatan Malaysia pada 4 Februari mengungkapkan bahwa bocah itu sudah diisolasi sejak 29 Januari lalu dan telah diperbolehkan pulang dari rumah sakit Sultanah Maliha.

"Hasil tes deteksi 2019 n-CoV yang dilakukan dua kali pada pasien menunjukkan negatif," kata Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Datuk Dr. Noor Hisham Abdullah seperti dikutip dari New Straits Times pada Senin (10/2/2020).

"Ini menunjukkan bahwa infeksi 2019-nCoV dapat diobati dan pasien dapat sepenuhnya pulih, seperti banyak kasus lain yang telah dilaporkan di Tiongkok," kata Noor Hisham.

Dia menambahkan, masyarakat seringkali masih salah mempersepsi dan mengira bahwa infeksi virus corona mematikan dan tidak bisa disembuhkan.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pria 62 Tahun Sembuh Tanpa Antivirus

Sementara itu, pada Minggu kemarin, waktu Malaysia, Noor Hisham mengatakan bahwa seorang pria 62 tahun yang merupakan pasien kesepuluh infeksi virus corona sembuh tanpa pengobatan antivirus apa pun.

New Straits Times melaporkan, pria ini hanya sembuh dengan pengobatan untuk gejala-gejalanya. Dalam dua kali tes, pasien dinyatakan pulih.

"Pasien diizinkan kembali ke rumah hari ini," kata Noor Hisham.

Dikutip dari peta sebaran infeksi virus corona yang dibuat oleh Johns Hopkins University Center for Systems Science and Engineering pada Senin, 10 Februari 2020 pukul 09.16 WIB, terdapat 40.444 kasus infeksi di seluruh dunia.

Hingga artikel ini ditulis, sudah ada 910 kematian. Walaupun begitu, sebanyak 3.300 orang dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.