Sukses

Coba Konsumsi Ini Apabila Kram Perut Saat Menstruasi

Kram perut saat menstruasi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut makanan untuk mengatasi kram perut saat menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu pernah merasakan nyeri atau bahkan kram perut ketika menstruasi?

Memang terasa sangat tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari ketika nyeri atau kram perut menstruasi. Banyak wanita mengatasinya dengan cara seperti minum obat nyeri haid hingga meminum jamu tradisional.

"Kram perut saat menstruasi adalah hasil dari kerusakan normal lapisan rahim selama menstruasi," ucap dokter OB/GYN di New York, Stephanie McClellan, MD.

Dilansir dari Glamour pada Senin (3/2/2020), ada banyak makanan yang enak dan dipercaya mampu mengatasi nyeri atau kram perut ketika menstruasi.

1. Jahe

"Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa wanita yang minum teh jahe selama beberapa hari pertama ketika menstruasi itu dapat mengurangi rasa kram perut," kata presiden dari Ohio Academy of Nutrition and Dietetics, Lisa C. Andrews, R.D.

Ia merekomendasikan menyeduh jahe segar yang dikupas terlebih dahulu dengan beberapa irisan lemon dalam air panas untuk membuat teh yang mampu meringankan kram perut.

2. Biji rami

Asam lemak omega-3 seperti yang ditemukan dalam biji rami dapat memiliki efek antiinflamasi. Itu dapat membantu mengurangi rasa sakit.

"Biji rami ditumbuk dan dapat juga ditambahkan gandum, smoothie, atau yogurt," kata Andrews.

Ahli diet dan asisten profesor nutrisi dan kesehatan di Case Western Reserve University, Lindsay Malone mengatakan bahwa ada bukti mengonsumsi rami secara rutin dapat mempersingkat durasi menstruasi.

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Biji chia hingga makanan kaya akan magnesium

3. Biji chia

Sama halnya seperti biji rami, biji chia juga kaya akan omega-3.

Coba menaburkannya di salad atau tambahkan di burger sehatmu.

4. Ikan

Ikan berlemak, seperti tuna dan salmon sering menjadi favorit para ahli gizi karena kandungan omega-3nya.

5. Kacang-kacangan

Dilaporkan dari Mayo Clinic, magnesium sebagai salah satu dari beberapa suplemen yang telah digunakan dalam banyak penelitian dan terbukti berpotensi mengurangi kram perut saat menstruasi.

"Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber magnesium dan vitamin E yang bagus," kata Andrew.

6. Makanan kaya akan magnesium

Untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi, kamu bisa mencoba mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium, seperti sayuran (terutama bayam dan kangkung), alpukat, tahu, kunyit, dan nasi merah.

3 dari 3 halaman

Makanan yang harus dihindari

"Hindari makanan yang dapat menyebabkan peradangan atau menyebabkan gangguan pencernaan seperti gula, alkohol, soda, dan makanan yang digoreng," kata Malone.

McClellan menyarankan untuk menghindari atau setidaknya meminimalkan asupak kafein. Coba untuk menggantinya dengan teh hijau yang secara efektif dapat mengurangi beberapa rasa kembiung (dan berpotensi mengurangi kram).

Penulis : Vina Muthi A.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.