Sukses

4 Cara Ampuh Atasi Kram Perut Saat Menstruasi

Liputan6.com, Jakarta Sebagian perempuan mengalami kram perut saat menstruasi. Kondisi ini terjadi karenaadanya kontraksi dari otot uterus.

Saat otot-otot tersebut menekan pembuluh darah, yang membuat oksigen jadi berkurang yang menimbulkan rasa sakit atau kram saat menstruasi

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada perut, berikut empat tips yang bisa dicoba seperti melansir dari Boldsky.

1. Kompres Air Hangat

Kompres air hangat pada bagian perut bawah atau abdomen dapat mengurangi rasa sakit. Anda dapat menggunakan botol yang diisi dengan air hangat sebagai alat kompres. Hal ini akan mengurangi rasa sakit dan kram saat menstruasi.

2. Pijatan

Pijatan yang berfokus di abdomen, punggung dan bagian samping badan selama 15 menit dapat menurunkan kram sebanyak 90 persen. Anda juga dapat menggunakan essential oil yang dapat memberi efek tenang pada pikiran.

 

2 dari 3 halaman

3. Jaga Pola Makan

 

Hindari makanan yang menyebabkan air berlebihan dalam tubuh atau kembung. Hindari mengonsumsi hal lain seperti minuman berkarbonasi, kafein, makanan berlemak, alkohol dan makanan dengan garam berlebihi. Makanan tersebut merusak tingkat gula darah serta memperburuk kram menstruasi.

4. Olahraga

Otot yang sehat akan mengurangi rasa sakit saat kontraksi otot uterus terjadi. Maka, biasakan untuk berolahraga setiap secara rutin. 

Jalan kaki atau yoga dapat dilakukan saat menstruasi terjadi. Olahraga menimbulkan endorfin yang membuat pikiran tenang dan mengurangi kram menstruasi.

 

 

Penulis: Khairuni Cesario

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab Gairah Seks Meningkat Saat Menstruasi
Artikel Selanjutnya
Bikin Sendiri Air Asam Jawa, Minuman Segar Kala Haid Datang