Sukses

5 Hal Aneh yang Terjadi Saat Menstruasi Ini Sebenarnya Normal

Liputan6.com, Jakarta Wanita biasanya akan didera hal-hal yang tidak nyaman saat menstruasi, seperti nyeri perut dan sakit kepala. Bahkan pada beberapa wanita, nyeri perut bisa sangat menyakitkan.

Melansir laman Essence, Selasa (9/4/2019), ada juga hal aneh yang terjadi saat menstruasi. Anda mungkin mengalami beberapa hal berikut tapi tak perlu cemas karena normal terjadi.

1. Kebiasaan BAB berubah

“Normal saja bila Anda mengalami konstipasi ringan beberapa hari sebelum menstruasi, Kemudian buang air besar lancar saat menstruasi dimulai,” jelas dokter pengobatan fungsional, Alex Golden.

“Ini karena peradangan terkontrol normal. Namun, sembelit yang berlangsung lebih dari beberapa hari atau diare parah harus diperiksa oleh dokter."

Dari laman Popular Science, prostaglandin merupakan sejenis hormon diciptakan selama reaksi kimia bantu mengendalikan fungsi-fungsi tubuh tertentu. Misal, menyempitkan dan melebarkan pembuluh darah serta mengontraksikan dan mengendurkan otot-otot.

Ketika senyawa kimia ini mengirim prostaglandin ke rahim untuk berkontraksi selama menstruasi, kadang-kadang beberapa prostaglandin tersesat dan berakhir di dekat usus. Hal ini menyebabkan sembelit.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Lelah sepanjang waktu

2. Merasa lelah sepanjang waktu

Golden menyampaikan, merasa kurang aktif selama dua hari pertama menstruasi adalah hal yang wajar.

"Meskipun level energi Anda seharusnya tidak pernah turun, keinginan untuk beristirahat lebih banyak itu benar-benar normal," ucap Golden.

“Ini terjadi karena kadar hormon, otak, dan sistem saraf pusat sudah siap untuk beristirahat saat ini."

Anda boleh mengambil waktu tidur ekstra dan aktivitas ringan, seperti berjalan kaki, yoga, dan lain.

3. Ada gumpalan berdarah

Pada titik tertentu, Anda mungkin melihat beberapa gumpalan darah di pembalut atau saat buang air kecil. Gumpalan darah sebenarnya normal.

Ketika lapisan rahim terlepas, gumpalan darah, lendir, dan jaringan yang terkoagulasi ini berkembang dan meninggalkan tubuh selama siklus menstruasi.

"Gumpalan darah kecil adalah normal untuk satu atau dua hari pertama menstruasi," tambah Golden.

Namun, jika Anda secara konsisten memiliki gumpalan darah yang besar dan lewat dari dua hari, tak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

 

3 dari 4 halaman

Darah kecokelatan

4. Darah kecokelatan

Anda harus tahu, warna darah menstruasi dapat memiliki makna yang berbeda. Spektrum warna bervariasi juga berlaku saat pelepasan darah menstruasi. Jangan panik ketika Anda melihat darah kecokelatan.

Artinya, rahim membersihkan sendiri darah terakhir dari menstruasi Anda. "Untuk darah kecokelatan normal, tetapi seharusnya tidak berbau kuat atau berwarna kuning dan hijau," tambah Golden.

5. Dua menstruasi yang berbeda selama satu siklus

"Indung telur secara bergiliran melepaskan telur dalam sebulan," jelas Golden.

"Jadi, itu normal untuk melihat sedikit perubahan antara menstruasi Anda."

4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tahun Mengira Kejang karena Menstruasi, Wanita Ini Ternyata Alami Kanker Otak
Artikel Selanjutnya
Ada Gumpalan pada Darah Menstruasi, Normalkah?