Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

2 Hal yang Harus Dilakukan Jika Masturbasi Sudah Berdampak Buruk

Meski beberapa ahli menyatakan kebiasaan masturbasi memiliki efek positif, di sisi lain, tidak sedikit yang menyoroti bahayanya.

Liputan6.com, Jakarta Masih ada kontroversi seputar manfaat masturbasi. Meski beberapa ahli menyatakan kebiasaan ini memiliki efek positif, di sisi lain, tidak sedikit yang menyoroti bahayanya.

Salah satu risiko yang bisa muncul dari masturbasi secara berlebihan adalah kecanduan. Hal ini bisa berdampak pada kehidupan di luar seks.

"Betapa pun seringnya Anda bermasturbasi, bukan masalah sampai itu mulai mempengaruhi hidup Anda dengan cara yang negatif," kata Dan Drake, terapis kecanduan seks seperti dilansir dari Men's Health pada Kamis (16/1/2020).

Maka dari itu, apabila masturbasi dirasa sudah mulai berdampak negatif, Drake mengatakan ada dua hal yang bisa dilakukan. Pertama, berhenti melakukannya untuk sementara waktu, dan kedua mengurangi atau membatasi kebiasaan masturbasi.

"Jika itu membahayakan hidup Anda, maka Anda perlu memperlakukannya seperti kebiasaan lain," kata Drake.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda Masturbasi Bawa Pengaruh Negatif

Drake mengungkapkan ada beberapa pertanda masturbasi sudah mempengaruhi hidup Anda secara negatif. Yang pertama adalah pekerjaan yang terbengkalai.

Selain itu, apabila Anda mulai terus menerus memikirkan tentang seks, bisa jadi kebiasaan itu sudah mulai menjadi masalah.

Urologis dari Southern Illinois University Tobias Kohler mengatakan, dua pertanda lain seseorang terkena masalah akibat masturbasi adalah Anda melukai diri sendiri serta kehidupan seks di dunia nyata jadi bermasalah.

Apabila Anda sudah berusaha melakukan upaya untuk mengurangi masturbasi namun gagal, tidak ada salahnya untuk menemui pakar kesehatan di mana mungkin, ada masalah psikologis yang mempengaruhinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.