Sukses

Tak Cuma Wortel, Ini 6 Makanan yang Sehatkan Mata

Wortel memang jadi salah satu makanan yang baik untuk kesehatan mata. Padahal ada banyak sayuran serta sumber pangan lain yang baik untuk indra penglihatan ini.

Liputan6.com, Jakarta Tak dapat dimungkiri lagi bahwa makanan sehat memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan mata. Pastinya, setiap orang menginginkan kondisi tubuh yang sehat serta terhindari dari berbagai penyakit.

Dengan mengonsumsi makanan sehat, tubuh Anda dapat menyerap banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah makanan terbaik yang dapat meningkatkan kesehatan mata:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, memiliki nutrisi lutein dan zeaxanthin. Kedua antioksidan itu dapat membantu untuk melindungi penglihatan Anda dan dapat mengurangi risiko katarak serta degenerasi makula. Hal ini seperti yang dilansir dari laman Health.

2. Wortel

Pastinya Anda telah mengetahui bahwa wortel merupakan salah satu makanan sehat yang baik untuk kesehatan mata. Hal ini karena wortel memiliki banyak vitamin A yang dapat membantu melindungi permukaan mata dan mempunyai peran penting untuk melawan kekeringan pada mata serta menjaga penglihatan agar tetap berfungsi dengan baik.

Vitamin A yang terkandung dalam wortel juga dapat mengurangi risiko kebutaan akibat degenerasi makula dan katarak.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Labu hingga Kacang-kacangan

3. Labu

Ternyata labu juga memiliki peran penting untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, seng, serat, lutein, dan zeaxanthin. Nutrisi-nutrisi ini dapat membantu melawan degenerasi makula terkait usia, sindrom mata kering, dan katarak.

4. Ikan

Pastinya Anda telah mengetahui bahwa ikan kaya akan sumber omega 3. Ternyata beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa minyak yang terkandung dalam usus dan jaringan tubuh ikan, dapat mengembalikan kondisi mata yang kering seperti semula. Hal ini sesuai lansiran dari Medical News Today.

5. Kacang-Kacangan

Dengan kandungan yang sama dengan ikan, kaya akan asam lemak omega 3, tak disangka kacang juga mengandung vitamin E yang dapat melindungi mata dari kerusakan terkait usia.

3 dari 3 halaman

6. Daging Sapi

Daging sapi yang kaya akan seng, dapat dikaitkan untuk melindungi kesehatan mata dalam jangka waktu yang panjang. Kandungan seng pada daging sapi dapat membantu menunda hilangnya penglihatan yang berkaitan dengan usia dan degenerasi makula. Daging yang lain, seperti ayam juga mengandung seng, namun tidak lebih tinggi dari daging sapi.

7. Telur

Telur merupakan sumber lutein dan zeaxanthin, salah satu fungsinya untuk mengurangi risiko kehilangan penglihatan terkait usia. Selain itu, telur juga merupakan sumber vitamin C, vitamin E, dan seng yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.