Sukses

Selain Diabetes, Ketahui 5 Penyebab Lain Mata Kering

Mata kering merupakan kondisi di mana air mata tidak dapat memberikan pelumasan. Biasanya, mata yag kering diikuti dengan rasa gatal dan perih.

Liputan6.com, Jakarta Mata kering merupakan kondisi yang wajar terjadi ketika air mata tak mampu memberikan pelumasan. Hal tersebut bisa saja terjadi karena banyak penyebab, seperti menatap komputer terlalu lama, cuaca kering dan berangin, serta alergi.

Anda perlu melakukan perawatan mata agar terhindar dari kondisi yang kering dan mulai mengetahui penyebab lain yang dapat membuat mata Anda menjadi kering. Berikut ini adalah penjelasan dari penyebab lain mata kering dilansir Health.

1. Faktor Usia

Menurut dokter mata University of Wisconsin School of Medicine & Public Health, Amerika Serikat, Janet Cushing, OD, penuaan akan mempengaruhi semua bagian tubuh Anda, termasuk mata. Kemampuan untuk menghasilkan air mata akan menurun. Hal ini karena saluran air mata Anda menjadi terhambat dari waktu ke waktu atau karena adanya peradangan yang menjadi efek dari pertambahan usia. 

2. Sedang Hamil, Menopause, atau Mengonsumsi Pil

Wanita yang mengalami menopause dini (berusia 40-an atau lebih muda) lebih berisiko menderita mata kering dengan adanya kerusakan pada permukaan mata. Perbuahan hormon yang lainnya juga dapat menyebabkan mata kering.

"Kehamilan, penggunaan kontrasepsi, dan terapi pergantian hormon dapat menyebabkan mata kering," kata Cushing.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Memiliki Penyakit Autoimun

Mata kering biasanya dikaitkan dengan beberapa gangguan autoimun yang berbeda, termasuk lupus. Penyakit autoimun juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam tiga komponen utama air mata, yaitu, minyak, air, dan lendir. Setiap perubahan komposisi air mata dapat menyebabkan mata kering.

4. Usai Menjalani Operasi Mata

Hampir semua orang yang menjalani operasi lasik untuk memperbaiki penglihatan akan mengalami mata kering untuk sementara waktu seperti disampaikan Cushing.

 

3 dari 3 halaman

5. Mengenakan Lensa Kontak

Banyak orang yang menggunakan lensa kontak untuk memperbaiki masalah penglihatan. Lensa kontak dapat mengganggu lapisan air mata yang biasa menutupi dan melindungi permukaan mata Anda. Hal ini menyebabkan air mata menguap dan membuat Anda merasa terbakar serta seperti berpasir.

6. Menderita Diabetes

Diabetes dapat menyebabkan kerusakan progresif pada saraf. Polineuropati, bentuk umum dari kerusakan saraf diabetes, dapat melukai jaringan saraf di lebih dari satu bagian tubuh, termasuk lapisan depan mata atau kornea. Hal ini tentunya dapat mengganggu produksi air mata yang menyebabkan Anda lebih jarang berkedip.

Sebuah studi menemukan bahwa tiga perempat orang dengan diabetes dan kerusakan saraf memiliki mata kering, dibandingkan dengan 44 persen orang dengan diabetes, tetapi tidak ada masalah saraf.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.