Sukses

Selalu Merasa Kedinginan, Tanda Anemia?

Liputan6.com, Jakarta Anemia terjadi ketika tubuh kehilangan sel darah merah dalam jumlah tertentu sehingga tidak cukup mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Anemia juga sering dihubung-hubungkan dengan 5 L (Lemah, Lelah, Letih, Lesu, Lunglai).

Namun selain tanda di atas, ternyata anemia juga bisa membuat seseorang selalu merasa kedinginan. Seperti ditulis Mayo Clinic, gejala lain anemia termasuk kulit pucat atau kekuningan, detak jantung tidak teratur, sesak napas, sakit kepala, dan kedinginan.

"Kekurangan vitamin B12 dan kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan membuat Anda merasa kedinginan," kata pakar kesehatan Dr Manny Alvarez, mengutip Foxnews pada Sabtu, 11 Januari 2020.

Lebih lanjut, Manny menjelaskan bahwa anemia dapat disebabkan oleh berbagai kondisi dan penyakit seperti kekurangan zat besi atau hemoglobin, kekurangan vitamin B12, inflamasi akibat kanker, radang sendi, penyakit Crohn, penyakit ginjal dan masih banyak lagi. Maka dari itu, ada lebih dari 400 jenis anemia dengan penanganan yang berbeda-beda.

 

2 dari 3 halaman

Bisa mematikan

Salah satu jenis anemia yang berbahaya dan mematikan adalah anemia aplastik. Kondisi ini terjadi saat tubuh tidak cukup memproduksi sel darah merah.

"Leukimia dan penyakit sumsum tulang belakang juga dapat menyebabkan anemia. Ada juga jenis anemia karena genetik, yaitu anemia hemolitik dan anemia sel sabit (sickle cell)," kata Manny.

Beruntung, kebanyakan anemia dapat disembuhkan dengan suplemen zat besi, vitamin B12 atau bahkan mungkin membutuhkan transfusi darah. Terakhir, mungkin Anda juga perlu mengganti menu menjadi lebih bergizi, terutama jika jenis anemia Anda berhubungan dengan defisiensi.

Sumber B12 yang baik adalah ayam, telur dan ikan, dan orang-orang yang kekurangan zat besi mungkin baik mengonsumsi ikan, kacang polong, kacang kedelai, buncis dan sayuran berdaun hijau gelap. 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Simak juga video berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Alasan Kondisi Tubuh Bahwa Anda Membutuhkan Suplemen
Artikel Selanjutnya
Ibu Hamil Anemia, Berapa Tablet Tambah Darah yang Harus Dikonsumsi?