Sukses

6 Tanda Anda Sedang Terjebak Dalam Hubungan yang Tak Sehat

Liputan6.com, Jakarta Perilaku yang kasar dalam suatu hubungan, baik dari hal yang kecil maupun yang besar sangat mempengaruhi hubungan Anda. Hubungan yang kasar dapat mempengaruhi mental Anda dan pasangan. Bisa saja Anda akan bertanya-tanya apakah pasangan benar-benar mencintai Anda.

Pada umumnya, hubungan yang kasar ditandai dengan adanya pemaksaan dari salah satu pihak. Berikut ini adalah tanda lainnya yang mungkin tidak disadari bahwa Anda terjebak dalam hubungan yang kasar:

1. Pasangan Menuntut Anda Untuk Memberitahu Setiap Kegiatan Sehari-hari

Seperti yang dilansir dari Self, psikolog, Paul Coleman, Psy. D mengatakan, jika pasangan Anda mengatakan, seperti "Katanya pergi ke mal, tapi saya melihat tangki bensin Anda penuh. Anda bertemu siapa di sana?" Berarti Anda terjebak dalam hubungan yang kasar.

2. Pasangan Anda Ketakutan Jika Tidak Dapat Menghubungi Anda

Jika Anda tidak membalas SMS atau menjawab panggilan telepon, pasangan Anda akan bertindak sesuatu yang tak seharusnya dilakukan. Mereka terus-menerus menanyakan apa yang Anda lakukan hingga tak dapat menjawab SMS atau panggilannya.

2 dari 4 halaman

3. Pasangan Mengendalikan Uang Anda

Pasangan mencoba memberi tau Anda cara membelanjakan uang untuk mengambil alih keuangan Anda dengan mengatur keras sehingga pasangan mengetahui berapa banyak Anda memilikinya dan apa saja yang Anda belanjakan.

4. Pasangan Berusaha Menjauhkan Anda dari Teman dan Keluarga

Hal ini merupakan masalah besar, pasangan mencoba menjauhkan Anda dari teman-teman dan keluarga. Bisa saja pasangan Anda mengatakan, seperti "Jika Anda mencintaiku, Anda tidak akan menghabiskan waktu bersama mereka," kata Coleman. Alasannya, pasangan tak dapat mengontrol apa yang dikatakan orang yang dicintai tentang hubungan tersebut.

3 dari 4 halaman

5. Pasangan Menekan Anda Untuk Melakukan Hubungan Seksual

Pasangan dapat menuntut tindakan seks tertentu yang dapat membuat korbannya merasa terhina dan terintimidasi. Pasangan bisa saja mempermalukan Anda melakukan hubungan seksual dan berulang kali menekan Anda untuk melakukannya.

6. Pasangan Melakukan Tindakan Kekerasan

Berdasarkan lansiran dari Health, pasangan dapat memaksa Anda dengan melakukan tindakan kekerasan fisik ataupun verbal yang tak dapat tergambarkan sehingga dapat melukai Anda sendiri.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut: