Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Kapan Penis Berhenti Memanjang?

Liputan6.com, Jakarta Laki-laki mungkin penasaran kapan penis berhenti memanjang dan membesar. Masa pubertas adalah waktu penis mulai bertumbuh.

Pada anak laki-laki, pubertas umumnya terjadi antara usia 12 dan 16 tahun. Namun, pubertas juga bisa dimulai antara usia 8 dan 14, yang berlangsung hingga empat tahun sesudahnya.

 

Selama usia tersebut, penis akan menjadi lebih panjang dan tebal. Mengutip informasi National Health Service, Senin (30/12/2019), tingkat pertumbuhan penis terjadi bervariasi dari satu orang ke orang lain. 

Setelah pubertas berakhir, penis akan berhenti tumbuh. Ini biasanya pada saat pria mencapai usia 18 tahun.

Saat pubertas berakhir tidak ada pertumbuhan penis lagi. Tapi Ada beberapa pendapat laki-laki mungkin mengalami pertumbuhan penis hingga awal 20-an tahun.

2 dari 3 halaman

Ukuran Penis

Ada laporan terkait ukuran penis dalam Am I normal? A systematic review and construction of nomograms for flaccid and erect penis length and circumference in up to 15 521 men. Hasilnya panjang penis rata-rata adalah 9,16 cm saat lembek dan 13,12 cm saat ereksi.

"Ketebalan rata-rata penis adalah 9,31 cm saat lembek dan 11,66 cm saat ereksi," tulis peneliti David Veale dari jurnal yang diterbitkan Wiley Online Library pada 8 Desember 2014.

Hasil studi juga mengungkap sebagian besar pria merasa memiliki penis pendek. Padahal, mayoritas orang-orang ini sebenarnya berada dalam kisaran ukuran penis yang normal.  

Laki-laki perlu memerhatikan, beberapa faktor perubahan lain yang memengaruhi penis selama masa pubertas, di antaranya penipisan dan kemerahan pada testis, pertumbuhan rambut kemaluan di sekitar penis, mimpi basah, serta ereksi dan ejakulasi yang lebih sering.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: