Sukses

Cek Fakta Kesehatan: Konsumsi Kedelai Bisa Picu Kanker Payudara?

Kabar tentang hubungan mengonsumsi kedelai dan terjadinya kanker payudara tentu membuat takut. Cek faktanya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Setiap di antara kita pasti tidak mau sakit, apalagi terkena kanker payudara. Namun, beberapa waktu lalu sempat terdengar kabar yang mengatakan bahwa mengonsumsi tahu dan tempe serta produk berasal dari kedelai meningkatkan risiko kanker payudara.

Kabar tentang hubungan mengonsumsi kedelai dan kanker tentu membuat takut. Apalagi tempe dan tahu adalah dua sumber pangan yang sering dikonsumsi.

Beberapa waktu lalu Liputan6.com sempat mendengarkan penjelasan ahli onkologi medik Aru W Sudoyo terkait hal ini. Nyatanya, kedelai justru punya manfaat besar mencegah kanker payudara.

"Banyak orang menyimpulkan, kedelai mengandung hormon estrogen yang bisa menimbulkan pertumbuhan sel kanker payudara. Tapi itu salah besar," kata Aru saat ditemui di Bogor, Jawa Barat.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kedelai memblok pertumbuhan sel kanker

Lebih lanjut, pria yang juga Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) ini menrangkan bahwa hormon estrogen yang terkandung dalam kedelai mampu menahan pertumbuhan sel kanker.

"Jadi, hormon yang ada di dalam kedelai (disebut fitoestrogen atau isoflavon) justru memproteksi atau melindungi wanita dari kanker payudara," Aru menekankan.

Fitoestrogen mempunyai struktur yang hampir mirip dengan estrogen pada tubuh wanita. Yang membedakan fitoestrogen ebih lemah daripada estrogen wanita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.