Sukses

Kaleidoskop Health 2019: Waspada DBD, Kepergian Sutopo, dan Menteri Kesehatan Baru

Beragam berita dan kisah terekam dalam Kanal Health 2019.

Liputan6.com, Jakarta Banyak kisah mewarnai dunia kesehatan Indonesia pada 2019 dan direkam oleh Kanal Health. Diawali dengan merebaknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di beberapa wilayah Indonesia pada Januari, selanjutnya kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda sebagian Sumatera dan Kalimantan pada bulan berikutnya.

Indonesia kehilangan beberapa tokoh Tanah Air. Sebagian besar dari mereka berpulang ke hadirat Sang Pencipta setelah lebih dulu berjuang melawan kanker. Sebut saja Humas BNPB Sutopo yang terkena kanker paru, Ani Yudhoyono yang berjuang melawan kanker darah, dan Ustaz Arifin Ilham yang berhadapan dengan kanker getah bening.

Namun, kehilangan terbesar dirasakan ketika salah seorang putra terbaik Indonesia Prof BJ Habibie tutup usia. Presiden ke-3 RI itu meninggal karena gagal jantung setelah sebelumnya menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Memang, dunia kesehatan Indonesia tak melulu kelabu. Ada pula kabar gembira seperti ditemukannya bajakah yang berpotensi menyembuhkan kanker. Kabar ini juga sekaligus membanggakan, pasalnya, potensi herba itu terungkap melalui riset dasar pelajar Indonesia.

Berikut artikel yang menyedot perhatian sepanjang tahun ini, kami merangkumnya dalam Kaleidoskop Health 2019:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

Januari 2019

Waspada, Ini Daerah-Daerah yang Alami Peningkatan Kasus DBD

Tren peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono mengatakan, peningkatan kasus tersebut cenderung mengarah pada potensi Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD.

Selengkapnya...

3 dari 13 halaman

Februari 2019

Kesetiaan SBY Dampingi Ani Yudhoyono yang Tengah Sakit

Kabar mengejutkan datang dari Ani Yudhoyono. Istri presiden ke-5 RI itu didiagnosis kanker darah dan menjalani perawatan intensif sejak 2 Februari di National University Singapura.

Kesetiaan sang suami, Susilo Bambang Yudhoyono, menemani Ani berjuang mengalahkan kanker darah mendapat sorotan warganet. Demi sang istri, SBY rela membatalkan agenda-agenda pertemuannya. Baginya kesehatan sang istri adalah segalanya.

Selengkapnya...

4 dari 13 halaman

Maret 2019

Sandiaga Bawa Botol Minum ke Panggung Debat Cawapres

Perilaku Sandiaga Uno, calon wakil presiden nomor urut 2 mendapat sorotan ketika Debat Cawapres 2019, 17 Maret lalu. Ia naik ke panggung dengan membawa botol minum.

Artikel mengenai botol minum Sandiaga Uno ini menjadi salah satu yang populer pada Maret 2019.

Selengkapnya...

5 dari 13 halaman

April 2019

HEADLINE: Justice for Audrey, Lampu Merah Perlindungan Anak Indonesia?

Tanda pagar (tagar) #JusticeforAudrey menggema di lini masa Twitter Indonesia sejak Selasa (9/4/2019). Tagar tersebut menggugah kesadaran massa akan kasus perundungan (bullying) terhadap seorang siswi SMP berinisial ABZ yang dilakukan sekelompok siswi SMA di Pontianak, Kalimantan Barat.

Dari cuitan warganet di Twitter diketahui, siswi 14 tahunan itu menjadi korban pengeroyokan dan kekerasan oleh 12 pelajar SMA pada 29 Maret 2019. Diduga, adu komentar di media sosial terkait masalah asmara menjadi pemicu aksi perundungan tersebut.

Selengkapnya...

6 dari 13 halaman

Mei 2019

Efek Kelelahan yang Dialami Petugas KPPS Berujung Serangan Jantung

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan, sebagian besar petugas KPPS yang bertugas pada Pemilu 2019 meninggal dunia karena didera kelelahan dan terkena serangan jantung.

Hingga Selasa, 29 April 2019 pukul 16.30 WIB tercatat 119 orang petugas KPPS meninggal dunia. Sementara itu, 548 orang petugas KPPS lainnya dinyatakan sakit.

Selengkapnya...

7 dari 13 halaman

Juni 2019

Sedih, Wajah SBY Berlinang Air Mata Berpisah dengan Ani Yudhoyono

Setelah berjuang melawan kanker darah yang menggerogoti tubuhnya, Ani Yudhoyono meninggal dunia di Singapura, Sabtu (1/6/2019). Bukan hal mudah bagi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melepas kepergian istri tercinta. Duka hatinya tergambar jelas dalam selembar foto yang beredar sesaat kemudian.

Dalam foto tersebut tampak SBY tak kuasa membendung air mata mengiringi kepergian Ani Yudhoyono. Gurat duka tampak nyata pada raut wajah Ketua Umum Partai Demokrat itu.

Selengkapnya...

8 dari 13 halaman

Juli 2019

Tidak Merokok, Sutopo Syok Didiagnosis Kanker Paru Stadium 4

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia pada Minggu (7/7/2019) pukul 02.00 waktu Guangzhou, Tiongkok.

Selama hidupnya, Sutopo diketahui mengidap kanker paru yang membuatnya harus beberapa kali dirawat. Dalam sebuah wawancara pada Health Liputan6.com di Februari tahun lalu, Sutopo mengatakan bahwa dirinya terkejut ketika mendengar diagnosis kanker paru stadium 4B.

Selengkapnya...

9 dari 13 halaman

Agustus 2019

HEADLINE: Belum Teruji Klinis Obati Kanker, Bagaimana Lindungi Bajakah dari Eksploitasi?

Temuan tiga siswa SMAN 2 Palangkaraya dalam ajang lomba ilmiah internasional World Invention Creativity Olympic (WICO) 2019 di Korea Selatan membuat bajakah digadang-gadang potensial mengobati kanker. Studi awal mengenai potensi bajakah dalam mengobati kanker payudara itu diganjar hadiah utama, medali emas.

Tak hanya berhenti pada apresiasi dan ungkapan rasa bangga terhadap keberhasilan tiga pelajar asal Kalimantan itu saja, banyak warga yang kemudian mencari tahu lebih lanjut mengenai bajakah. Mereka ingin pula merasakan langsung khasiatnya.

Selengkapnya...

10 dari 13 halaman

September 2019

Cerita BJ Habibie Muda yang Mampu Selesaikan Soal Sulit Hanya 20 Menit

Setelah dirawat kurang dari dua minggu di RSPAD Gatot Soebroto Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie meninggal dunia di usia 83 tahun pada Rabu, 11 September 2019 pukul 18.05 WIB.

Sosoknya akan selalu dikenang sebagai salah satu cendekiawan jenius Tanah Air. Kejeniusan almarhum BJ Habibie sudah terlihat sejak dirinya masih muda. Ketika menjadi seorang pelajar di Bandung, pria yang akrab disapa Rudy itu terkenal karena kepintarannya.

 

Selengkapnya...

11 dari 13 halaman

Oktober 2019

Alasan Dokter Terawan Tergerak Serahkan Gaji Pertama untuk BPJS Kesehatan

Terawan Agus Putranto resmi diumumkan menjadi Menteri Kesehatan RI pada 23 Oktober 2019. Ia akan membantu Presiden Joko Widodo mengentaskan berbagai masalah kesehatan di Indonesia dalam Kabinet Indonesia Maju.

Beberapa hari setelah serah terima jabatan dengan menteri kesehatan terdahulu, Nila Moeloek, Terawan memberi pernyataan yang cukup mengejutkan. Mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto itu mengungkapkan bahwa ia akan memberikan gaji pertama dan tunjangan kinerjanya kepada BPJS Kesehatan. Hal ini merupakan upaya dirinya memulai gerakan moral untuk membantu defisit JKN.

Selengkapnya...

12 dari 13 halaman

November 2019

Menkes Terawan Usulkan Peserta BPJS Kesehatan Kelas 3 Dapat Subsidi

Komisi IX DPR RI menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan bagi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) pada Kelas 3 Mandiri. Mereka tidak sepakat jika peserta yang tadinya membayar Rp25.500 menjadi Rp42.000.

Menanggapi penolakan kenaikan iuran BPJS Kesehatan dari Komisi IX DPR, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengusulkan agar 19.914.743 peserta kelas 3 mandiri mendapatkan subsidi.

Usulan itu sudah Terawan sampaikan ke Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.

Selengkapnya...

13 dari 13 halaman

Desember 2019

Penyanyi Vidi Aldiano Kena Kanker di Ginjal

Kali ini kabar mengejutkan datang dari penyanyi Vidi Aldiano. Ia mengabarkan melalui IGTV di akun Instagram pribadinya bahwa dirinya didiagnosis kanker di ginjal sebelah kiri. 

Hal itu pula yang menyebabkannya sering bertandang ke Singapura beberapa waktu terakhir. Semula, anomali di ginjal Vidi itu hanyalah kista. Namun kemudian dokter menemukan hasil pemeriksaan berbeda. 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini