Sukses

Cek, Syarat Turun Kelas Peserta JKN Lewat Layanan MCS BPJS Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang belum setahun begabung dapat turun kelas dengan menggunakan layanan Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan. Meski begitu, ada syarat yang harus dipenuhi.

Syarat utama turun kelas melalui MCS BPJS Kesehatan yakni tidak memiliki tunggakan. Jika peserta menunggak, harus melunasi iuran BPJS Kesehatan lebih dulu.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, MCS akan tetap menerima pengajuan peserta yang ingin turun kelas. Tetapi layanan JKN baru akan aktif bila tunggakan telah dilunasi.

"Tapi kalau pesertanya ternyata ada tunggakan. Ya, harus melunasi tunggakan dulu baru bisa aktif (pilihan kelas yang diajukan)," ujar Fachmi dalam kunjungan ke Puskesmas Tanah Abang, Jakarta, Kamis (12/12/2019). 

Layanan MCS merupakan layanan jemput bola BPJS Kesehatan menggunakan mobil keliling. Upaya ini mulai diterapkan sejak 9 Desember 2019 hingga 30 April 2020 di seluruh kantor cabang BPJS Kesehatan.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyesuaikan Iuran dengan Kemampuan

Kenaikan iuran JKN per 1 Januari 2020, khususnya bagi peserta mandiri, membuat sebagian masyarakat merasa berat dan ingin turun kelas.

Kehadiran layanan MCS BPJS Kesehatan berfungsi membantu masyarakat dalam melakukan proses turun kelas, sesuai kemampuan ekonomi mereka. 

"Kami enggak mau ada kesan pas 1 Januari 2020, ada peserta yang datang ke Kantor BPJS, yang mana ternyata iuran bulanan jadi berat (naik). Maka, disesuaikan dengan kemampuan peserta. Itu fokusnya," Fachmi menambahkan.

Tak hanya program jemput bola turun kelas, MCS juga melayani peserta yang ingin mencari informasi, mendaftar, mencetak kartu atau bayar tunggakan, dan pengaduan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.