Sukses

Cek Fakta Kesehatan: Odol Bisa Mengatasi Jerawat?

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang yang tengah bermasalah dengan jerawat yang tak kunjung sembuh beragam cara bakal dilakukan. Termasuk mengikuti apa kata orang. Salah satunya ada yang menyebutkan dengan mengoleskan odol atau pasta gigi ke jerawat yang muncul.

Penggunaan odol untuk mengatasi jerawat pun jadi topik di beberapa forum. Salah satunya seperti berikut:

"Jadi katanya cara pakenya diolesin di atas jerawatnya sebelum tidur. Bener gak sih?," tutur salah satu orang di sebuah forum.

 

2 dari 4 halaman

Tanya Pakar

Health-Liputan6.com menanyakan penggunaan odol untuk mengempeskan jerawat ke skin expert dokter Purnama Sari. Menurutnya, odol tidak bisa mengobati jerawat.

"Bisa ngobatin apa enggak? Enggak," tutur Purnama.

Mungkin kandungan mint yang terdapat di beberapa odol bisa meredakan inflamasi. Namun, tergantung jenis jerawatnya.

"Kalau jerawat yang black komedo atau white komedo itu enggak ada efeknya. Mungkin jerawat yang ada inflamasi, mungkin, bisa sedikit membantu mengempeskan peradangan," kata Purnama ditemui di Tangerang, Banten pada Selasa (10/12/2019).

Purnama mengingatkan efek samping lain mengoleskan odol ke jerawat. Jika odol yang dipakai tidak steril malah bisa membuat jerawat makin parah.

"Kan odol bukan antiseptik, kalau odolnya tidak bersih malah bisa memicu infeksi, bisa bikin jerawatnya makin parah," tuturnya lagi.

 

3 dari 4 halaman

Lebih Baik Pakai Obat Jerawat

Daripada mencoba hal yang belum tentu benar, Purnama menyarankan untuk menggunakan produk yang memang dibuat untuk mengatasi jerawat. Ada beberapa produk obat jerawat yang dijual bebas (over the counter) yang bisa didapatkan di pasaran.

"Tentu lebih aman kalau pakai obat jerawat," kata Purnama.

Dia pun mengingatkan kembali fungsi odol adalah untuk gigi bukan mengatasi jerawat. Tentu kandungan di dalam odol tidak ditujukan untuk mengatasi jerawat.

"Biasanya obat jerawat itu ada kandungan antiseptik, antibakterial. Jadi, obat jerawat akan lebih efektif untuk mengatasi jerawat daripada odol," ungkapnya.

Jika memang jerawat sudah mengganggu lebih baik segera konsultasikan dengan pakar. Bisa dengan mendatangi klinik kulit  terdekat.

4 dari 4 halaman

Simak juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Anies Dinobatkan Jadi Gubernur Terbaik Dunia? Ini Faktanya
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Wardah Disebut Sponsori Diskusi Bahaya Feminisme dan LGBT, Ini Faktanya