Sukses

Sederhana tapi Bermakna, Ini 4 Manfaat Hebat Sentuhan dalam Hubungan

Liputan6.com, Jakarta Pelukan, usapan lembut di punggung, atau sentuhan lain bisa menjadi kunci bagi pasangan untuk terus bahagia. Meskipun aktivitas sederhana, saling menyentuh setiap hari rupanya bermanfaat agar pasangan tetap saling terhubung satu sama lain.

David J. Linden, seorang profesor ilmu saraf di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins mengatakan bahwa sentuhan yang diinginkan juga berarti sebuah bentuk komunikasi. 

"Ketika sentuhan itu memang diinginkan, sebenarnya salah satu bentuk komunikasi bahwa 'Aku di sisimu'," kata Linden seperti dilansir laman Health, Selasa (3/12/2019).

Sayangnya, seiring bertambahnya usia hubungan, tuntutan pekerjaan, mengurus anak dan urusan rumah tangga lainnya membuat pasangan hampir jarang saling melakukan sentuhan satu sama lain. Mumpung belum masih banyak waktu, coba lakukan beberapa sentuhan sederhan kepada pasangan karena punya manfaat hebat seperti di bawah ini:

 

1. Sentuhan meningkatkan ikatan emosional

Jika Anda ingin merasa dekat secara emosional dengan pasangan Anda, maka cobalah untuk mencari peluang untuk menjadi dekat secara fisik dengan pasangan hingga dapat dengan mudah melakukan kontak fisik.

Ketika pasangan menyentuh, hormon oksitosin atau yang sering disebut juga hormon cinta mengalami lonjakan di otak. Hal ini dapat membantu mempertahankan perasaan yang keterikatan yang mendalam. Anda dapat melakukan sentuhan-sentuhan seperti berjalan bergandengan tangan, meletakkan kaki di atas kaki pasangan dengan lembut, atau tidur di lengan pasangan.

 

2 dari 4 halaman

2. Sentuhan dapat meredakan stres

Menyentuh memang punya efek yang luar biasa untuk kesehatan, salah satunya adalah dapat membantu tubuh dan otak rileks. Psikolog Tiffany Field mengatakan untuk merawat kondisi kesehatan mental dan fisik. Ia menemukan bahwa sentuhan membantu menjaga diri tetap dalam keadaan relaksasi.

Ketika menyentuh dan disentuh oleh orang yang dekat dengan kita, hormon stres menurun, detak jantung dan tekanan darah juga turun. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa ketika kita mendapat pijatan, dipeluk, dan saling menyentuh kita lebih mampu mengelola stres.

3. Sentuhan mampu mengurangi rasa sakit

Saling menyentuh juga terbukti dapat bekerja sebagai analgesik alami. Pavel Goldstein, PhD, peneliti nyeri, University of Colorado Boulder, mampu mereplikasi temuan ruang bersalin dalam skala kecil. Hal ini diketahui lewat penelitian yang melibatkan 22 pasangan.

Goldstein membuat responden wanita mengalami sakit panas ringan di lengan selama dua menit. Lalu, pasangan diizinkan untuk berpegangan tangan, hasilnya rasa sakit para wanita mereda. Studi ini juga menemukan bahwa saat berpegangan tangan, pernapasan dan detak jantung pasangan saling disinkronkan.

 

3 dari 4 halaman

4. Sentuhan membuat lebih sehat dan bahagia

 

Ketika pasangan saling melakukan sentuhan yang diinginkan, efeknya akan sangat fantastis untuk kesehatan hubungan secara keseluruhan. Ketika kita merasa santai dan lebih banyak menerima perasaan yang menyenangkan, kadar stres berkurang sehingga kita lebih mampu melawan penyakit dan infeksi.

 

Penulis: Winda Nelfira

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Restoran Padang Sederhana Bagikan Makanan Gratis, Fakta atau Hoaks?