Sukses

Metode Aman Ganti Katup Jantung untuk Lansia

Penggantian katup jantung untuk lansia dengan metode aman berikut.

Liputan6.com, Jakarta Penggantian katup jantung yang aman untuk lanjut usia (lansia) bisa menggunakan metode TAVI Transcatheter Aortic Valve Replacement/Implantation (TAVR/TAVI). Metode in berupa tindakan invasif minimal pada stenosis katup aorta berat.

Datuk dr Rosli Mohd Ali dari Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur (CVSKL) yang memimpi operasi dengan TAVI menerangkan, metode TAVR/TAVI tidak seperti operasi katup jantung terbuka.

"Dengan TAVI/TAVR pasien dihubungkan ke mesin pemompa jantung. Dalam kebanyakan kasus, pasien tidak perlu dibedah dadanya. Karena prosedur TAVI dilakukan menggunakan kateter yang dimasukan melalui kulit," jelas Rosli sesuai keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Jumat (29/11/2019).

"Bisa dibayangkan TAVI jauh lebih tidak menyiksa ketimbang operasi bedah jantung terbuka. Pasien yang awalnya merasa bahwa operasi pembedahan itu terlalu berisiko, kini punya pilihan untuk menyembuhkan masalah katup jantung dan memperpanjang usia mereka." 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aktivitas Rutin Lebih Cepat

Metode TAVR/TAVI cocok dijalani lansia di atas 70 tahun. Ini karena orang-orang dengan usia lanjut biasanya memiliki toleransi lebih rendah terhadap rasa sakit. Mereka juga bisa kembali beraktivitas dengan cepat.

"Prosedur TAVI ini menggunakan proses bedah yang sangat minimal. Pasien bisa kembali beraktivitas rutin lebih cepat daripada operasi jantung terbuka," tambah Rosli.

"Waktu rawat juga lebih pendek, pemulihan gejala dengan cepat. Perkembangan fungsi jantung, pengurangan rasa sakit, dan kegelisahan juga perlahan-lahan pulih."

Metode invasif minimal biasanya dilakukan dengan membuat sayatan kecil di pangkal paha. Terkadang di sisi paha atau dada. Kemudian Kateter berupa tabung tipis dan fleksibel dimasukkan. Ini untuk menanam katup aorta pada jantung yang berdetak.

Tidak seperti bedah jantung terbuka untuk menggantikan katup aorta, TAVR/TAVIdada pasien tidak perlu dibuka dan jantung tidak dihentikan. Prosedur juga bisa dilakukan dengan bius lokal.

3 dari 3 halaman

Langkah Pemasangan TAVR/TAVI

Adapun langkah metode TAVR/TAVI, menurut Rosli, sebagai berikut:

Langkah 1: Balon Valvuloplasty dipandu oleh kateter. Balon dapat dikembangkan, lalu dimasukkan ke dalam aorta untuk membuka katup jantung. 

Langkah 2: Katup jantung diarahkan melalui arteri ke jantung. 

Langkah 3: Katup buatan akan ditempatkan pada posisinya, siap dipasang.

Langkah 4: Pemasangan balon yang dapat dikembangkan untuk memasang dan mengunci katup di tempat. Ada jugakatup TAVR/TAVI lain yang berkembang sendiri sehingga tidak memerlukan balon untuk pemasangannya. 

Langkah 5: Pemeriksaan terakhir. Kateter dilepaskan, sekarang katup baru berfungsi di tempat katup asli. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.