Sukses

Selain Ashanty, Ini 5 Publik Figur yang Idap Penyakit Autoimun

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini publik mengetahui bahwa penyanyi Ashanty terkena penyakit autoimun. Kini, dia tengah dirawat di sebuah rumah sakit karena bentol-bentol di sekujur tubuhnya.

Melalui Instagram Stories Aurel Hermansyah, Ashanty terlihat pucat dan hanya bisa terbaring di atas kasur. Ashanty juga minta didoakan agar segera sembuh dari penyakitnya itu.

"Hi teman2 onlineku.. Aku minta doa nya buat bunda @ashanty_ash ya! dan minta semangat jg dr temen2 semua..," tulis Aurel seperti dikutip Showbiz Liputan6.com.

Hingga kini, belum diketahui jenis autoimun yang diidap Ashanty.

Autoimun merupakan penyakit ketika tubuh menyerang tubuhnya sendiri. Selain Ashanty, ada beberapa publik figur yang terbuka mengungkapkan mengidap autoimun. Berikut diantaranya seperti dikutip dari berbagai sumber, Kamis (21/11/2019).

 

Morgan Freeman

Siapa sangka bahwa pemenang piala Oscar ini ternyata mengidap fibromyalgia. Penyakit itu adalah rasa nyeri di berbagai bagian tubuh yang berkelanjutan. Freeman didiagnosis dengan penyakit ini di usia 71, yakni setelah kecelakaan mobil pada tahun 2008.

“Ada satu titik untuk perubahan seperti ini. Saya harus beralih ke hal-hal lain, ke konsepsi lain tentang diri saya. Saya main golf. Saya masih bekerja. Saya bisa bahagia hanya dengan bisa berjalan,” kata Freeman kepada Everyday Health.

 

2 dari 4 halaman

Gigi Hadid

Supermodel ini terkena penyakit Hashimoto, penyebab utama hipotiroidisme. Sebuah kondisi yang berujung pada tiroid yang kurang aktif, yang mengganggu cara tubuh menggunakan energi. 

Gigi didiagnosis pada usia 26 tahun dan mengatakan bahwa penyakit itu bagaikan kutukan yang menyebabkan kenaikan berat badan, masalah ingatan beserta gejala lainnya.

Franklin Delano Roosevelt

Mantan presiden Amerika Serikat ini diduga terkena sindrom Guillain-Barré. Dilansir dari Science Mag. Di tahun 1921, Roosevelt mulai terkena demam dan lumpuh, dari kakinya dan naik hingga ke bagian leher. Beberapa bagian tubuhnya sembuh, tapi ia tetap berada di kursi roda hingga akhir hidupnya.

Toni Street

Host radio dan TV, Toni Street terkena penyakit autoimun, sindrom Churg-Strauss. Ia mulai mengalaminya dalam minggu keenam kehamilannya. Perutnya terasa sangat sakit dan ia mulai muntah-muntah, seperti terkena anafilaksis.

“Itu terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mulai disesuaikan dengan kondisi hamil, agar sistem daya tahan tubuh tidak menyerang bayi. Bagi saya, proses itu terjadi, tapi dengan salah dan sistem imun mulai menyerang organ tubuh,” kata Street.

 

3 dari 4 halaman

Kim Kardashian West

 

West terkena penyakit psoriasis, yakni kondisi autoimun pada kulit yang menyebabkan ruam-ruam merah, kulit menjadi tebal, kering, bersisik, dan mudah terkelupas. 

 

 

Penulis : Selma Vandika

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Aurel Hermansyah dan Ashanty Kompak Pamer Rambut Poni
Artikel Selanjutnya
Annisa Pohan Beri Dukungan Ashanty yang Sakit Autoimun