Sukses

Cek Fakta Kesehatan: Sering Minum Air Es Bikin Gemuk dan Perut Buncit

Liputan6.com, Jakarta Sebagian Anda mungkin pernah mendengar larangan minum air es karena katanya bisa membuat perut buncit maupun badan jadi gemuk. Apa betul kabar itu adalah fakta?

Health Liputan6.com melakukan penelusuran mengenai kabar tentang kebiasaan minum air es dan kegemukan. Di sebuah forum di internet pada pertengahan 2010 sempat membahas hal ini. Ada salah satu tulisan yang mengungkapkan mengenai hubungan air es dan kegemukan:

"Suhu dingin akibat es yang berkondensasi dengan air dapat membekukan makanan, terutama yang mengandung minyak (lemak akan terbekukan). Hingga pada akhirnya lemak itu bisa tertimbun dalam usus dan mengakibatkan penyempitan saluran-saluran pencernaan dan berujung pada kegemukan."

Secara ilmiah, rupanya tidak ada hubungan antara kebiasaan minum dengan suhu air tertentu dengan berat badan seseorang.

Baca juga: Cek Fakta Kesehatan: Jerawat Sembuh dengan Air Kencing?

 

2 dari 3 halaman

Minum Air Es Bikin Gemuk, Ini Tanggapan Dokter

Di artikel berjudul Minum Air Es Bikin Gendut, Kata Siapa? ini, dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pondok Indah-Bintaro Jaya, dr Diana F Suganda M Kes SpGK justru mematahkan anggapan tersebut.

Menurut Diana dalam sebuah diskusi di awal Januari 2018 bahwa air es atau air kemasan yang dimasukkan ke kulkas sebelum diminum tidak memiliki kalori sama sekali alias nol.

"Yang jahat itu, kalau kita biasanya minum air es (dicampur sesuatu). Habis makan soto, minum es teh manis. Tambahan gula itu membuat kalori bertambah," kata Diana.

Terlebih untuk orang-orang yang sedang menurunkan berat badan. Gula pada campuran air es itu yang menghambat proses peluluhan lemak. Sekadar air putih saja, sekali pun dingin, tidak bikin gendut.

Hal senada diungkapkan dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM), Diana Sunardi, menyampaikan bahwa air minum yang bersuhu dingin seperti air es itu tidak akan membuat gemuk.

Alasannya, air minum tanpa tambahan apapun itu jika ditilik dari segi kalori adalah nol kalori. Beda halnya bila air es yang dimaksud sudah dicampur dengan tambahan lain yang mengandung gula. Tentu bisa membuat gemuk karena sudah tidak nol kalori lagi.

"Misalnya air es itu ditambahkan sirup atau es teh manis. Kehadiran gula di dalam air es itu yang membuat gemuk," kata wanita yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) beberapa waktu lalu.

3 dari 3 halaman

Minum Air Es Tidak Bikin Gemuk

Jadi, tidak benar kalau minum air es bikin badan melar alias gemuk atau buncit. Selama tidak ditambahkan campuran lainnya, murni hanya air putih saja, kalorinya tidak ada sama sekali. 

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Pamflet DPO Pelaku Persekusi Banser NU Tersebar, Benarkah?
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hoaks Modus Baru Kejahatan, Pecahkan Ban Pakai Air Keras