Sukses

10 Cara Ampuh Kurangi Makan Berlebihan (2)

Mengunyah lebih lambat hingga memilih menggunakan piring kecil bisa membuat Anda mengurangi makan berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang menyesal usai makan berlebihan. Alhasil, hal ini jika menjadi kebiasaan bisa membuat berat badan naik.

Bagi Anda yang ingin menyetop kebiasaan makan berlebihan berikut saran dari pakar bagian dua seperti dilansir Good Housekeeping, Rabu (30/10/2019).

6. Makan dengan sadar

Di masa modern seperti saat ini, banyak masyarakat yang makan sembari menonton televisi atau menonton video di ponsel. Kondisi ini membuat otak jadi tidak sadar ketika sudah kenyang yang artinya berhenti makan.

Maka dari itu, coba fokus pada makanan Anda, jangan sambil melakukan aktivitas lain. "Makan dengan sadar membuat Anda jadi menyadari sepenuhnya seberapa banyak yang sudah masuk ke mulut," kata pakar nutrisi Harry.

7. Sertakan protein dan serat setiap kali makan

Dua kandungan ini mampu membuat Anda merasa kenyang. Selain itu, protein dan lemak juga membuat tubuh lebih baik dalam melepaskan kadar glukosa dari karbohidrat yang dikonsumsi.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

8. Pastikan Gigitan Pertama adalah Sayur

Biasanya seseorang makan berlebihan ketika berada dalam sebuah pesta yang terdiri dari banyak makanan. Agar Anda tak makan berlebihan, ahli nutrisi Ilana Muhlstein, menyarankan untuk memilih sayuran seperti salad sayur ketimbang kue atau keripik untuk pertama kali dimakan.

9. Mengunyah pelan-pelan

"Ketika mengunyah makanan secara perlahan-lahan, hal ini membuat perut punya waktu untuk memberi tahu ke otak ketika sudah kenyang," kata Harry.

Menurut studi, proses dari perut ke otak memberi tahu perut sudah kenyang terjadi sekitar 20 menit. Jadi, makanlah perlahan-lahan tidak terburu-buru.

10. Makan dengan piring kecil

Saat makan, pilih piring kecil daripada besar. Menaruh sedikit makanan ke piring kecil sudah membuat terlihat penuh. "Ini aspek visual tapi punya pengaruh besar," kata Harry.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.