Sukses

7 Risiko Kesehatan Bila Terlalu Banyak Minum Kopi

Rasa cemas hingga pusing, berikut bila Anda minum kopi terlalu banyak.

Liputan6.com, Jakarta Minum kopi kini sedang jadi tren di Indonesia. Entah itu kopi hitam atau aneka kopi kekinian. Namun ingat agar tidak berlebihan mengonsumsi kopi.

Untuk mendapatkan manfaat baik kopi untuk kesehatan disarankan tidak lebih dari empat cangkir per hari. Hal ini dikemukakan dalam penelitian yang dipublikasikan British Medical Journal. Jika lebih dari itu, akan muncul beberapa masalah kesehatan.

Dilansir dari The Healthy, berikut sejumlah masalah ketika overdosis minum kopi. Yakni:

1. Muncul rasa cemas

Tekanan pekerjaan sering membuat kopi jadi pilihan minumanmu untuk menyemangati diri. Namun, menonsumsi kopi ini justru dapat meningkatkan kecemasan.

Meningkatnya kecemasan ini disebabkan salah satunya karena kurang tidur akibat kebiasaan mengonsumsi kopi. Sebuah penelitian mengungkap bahwa seorang pria pengonsumsi kopi cenderung memiliki tekanan darah, hormon stres, serta tingkat stres yang lebih tinggi dibanding pada orang yang tak mengonsumsi minuman ini.

2. Nyeri perut

Banyak orang hanya menghubungkan masalah nyeri di perut hanya disebabkan oleh kram akibat PMS atau keracunan makanan. Namun, sesungguhnya kopi juga bisa menyebabkan masalah ini.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 mengungkap bahwa kandungan tertentu pada kopi menstimulasi sekresi dari asam perut melalui sel. Hal ini memang bisa diatasi dengan konsumsi obat tertentu, namun tentu lebih baik jika mengurangi konsumsi minuman ini ketika kamu mengalami masalah tersebut.\

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Detak jantung semakin cepat

Detak jantung yang semakin cepat ini bisa disebabkan oleh konsumsi terlalu banyak kopi, nikotin, dan alkohol. Pada orang yang mengalami masalah ini, disarankan untuk berhenti mengonsumsi kopi.

4. Diare

Kopi diketahui bisa sangat bermanfaat membantu lancarnya pencernaan seseorang. Namun ketika kamu mengonsumsi lebih dari dua atau tiga cangkir sehari, kamu bakal mengalami diare.

5. Tidak bisa tidur

Konsumsi kopi bisa menyebabkan kamu lebih sering terbangun saat tidur dan mengurangi jam tidur. Untuk mengatasi masalah ini, usahakan agar jangan minum kopi selepas jam 12 siang.

 

3 dari 3 halaman

6. Gugup

Kopi bisa membuatmu mernjadi lebih waspada, namun mengonsumsinya dalam jumlah banyak bisa menyebabkan masalah. Hal ini bisa berujung menjadi munculnya rasa gugup. Kafein bisa mempercepat sistem saraf pusat tubuh sehingga kamu menjadi terasa gugup.

7. Sakit kepala

Kafein dalam jumlah tepat bisa mengatasi sakit kepala, namun ketika terlalu banyak mengonsumsinya, maka hal ini justru bisa jadi penyebab masalah tersebut. Konsumsi sekitar lima gelas kopi bisa membuatmu jadi merasa pusing.

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.