Sukses

Kanker Payudara Stadium Dini Bisa Sembuh Total

Bila dideteksi stadium awal lalu dilakukan tindakan medis, kanker payudara bisa sembuh total.

Liputan6.com, Bogor Kanker payudara stadium awal, yakni stadium 1 dan 2 bisa sembuh sepenuhnya. Artinya, sel kanker hilang semua dan tidak kembali aktif lagi.

Medical Manager PT Kalbe Farma Tbk Hastarita Lawrentia menjelaskan terapi kanker payudara stadium awal melalui teknik pembedahan dapat mengangkat seluruh sel kanker.

"Terapi pembedahan bisa dilakukan. Dengan syarat, kanker payudara masih stadium awal," jelas Rita, sapaan akrabnya saat memaparkan terapi kanker di kawasan Bogor, Jawa Barat, ditulis Jumat (10/10/2019).

Benjolan yang diangkat masih kategori kecil. Misalnya, berukuran 1 cm. Pembedahan termasuk terapi utama pada penanganan kanker payudara.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sel Kanker Payudara Menyebar

Pembedahan yang dilakukan terhadap kanker payudara stadium lanjut seperti stadium 4 bisa saja dilakukan. Namun, tidak mampu mengangkat seluruh sel kanker.

"Kanker payudara stadium 4 yang diangkat (lewat pembedahan) percuma saja. Karena sel-sel kankernya sudah menyebar (metastasis)," Rita menegaskan.

Sel kanker payudara stadium lanjut bisa menyebar ke paru-paru, hati, dan ginjal. Sementara itu, tingkat kesembuhan kanker payudara stadium 3 tergantung kondisi sel kanker, sejauh mana sudah menyebar.

"Karena kanker payudara stadium lanjut tidak bisa sepenuhnya diangkat, kemoterapi jadi solusi untuk meningkatan kualitas hidup pasien," lanjut Rita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.