Sukses

Kanker Payudara pada Pria Lebih Ganas ketimbang Wanita?

Kanker payudara yang terjadi pada pria lebih ganas bila dibandingkan dengan wanita.

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dengan wanita, kanker payudara pada pria lebih ganas. Ini terjadi karena kadar hormon estrogen yang dimiliki pria dalam kategori tinggi, yang dipengaruhi obesitas.

Dalam acara diskusi kanker, ahli onkologi medik Aru W Sudoyo menerangkan, saat pria didiagnosis kanker payudara, sel kanker lebih ganas dan cepat menyebar (metastasis) ke organ tubuh lain.

"Sekalinya kena (kanker payudara), kategorinya lebih ganas dibanding wanita. Sel kanker juga cepat bermetastasis. Karena hormon estrogen pria tinggi," kata Aru saat ditemui di kawasan Bogor, Jawa Barat, ditulis Kamis (10/10/2019).

Sel yang abnormal tumbuh pada jaringan payudara formasi pria. Hingga saat ini, hanya terdapat sekitar 1 persen kasus kanker payudara pada pria.

"Pria juga bisa kena kanker payudara, tapi sedikit sekali kasusnya. Per tahun, sekitar 1 persen kasusnya," lanjut Aru.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sel Kanker di Balik Otot

Jika kanker payudara biasanya tumbuh pada jaringan payudara wanita, sel kanker bisa tumbuh di balik otot (di bawah payudara). Apalagi pria yang bersangkutan terlalu gemuk.

Faktor risiko lain kanker payudara pada pria berkaitan jaringan payudara yang sedikit. Perubahan yang terjadi pada pria meski sedikit, seperti tumbuh sel abnormal, bisa berujung ganas.

"Sel kankernya bisa tumbuh di balik otot. Perubahan sekecil apapun pada jaringan payudara pria bisa saja tingkatannya berat," Aru menambahkan.

Gejala umum kanker payudara pria berupa jaringan payudara makin membesar. Nyeri dan area puting memerah bisa dirasakan pasien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini