Sukses

Saat Katup Jantung Bocor Parah, Ada Bagian Tubuh yang Bengkak

Katup jantung bocor dalam kategori parah, ada dua bagian tubuh yang akan membengkak.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kondisi parah, katup jantung bocor dapat menimbulkan gejala bengkak pada beberapa bagian tubuh. Bengkak pada wajah dan kaki termasuk gejala yang paling terlihat.

Dokter spesialis jantung konsultan BRM Ario Soeryo Kuncoro menerangkan, gejala katup jantung bocor dalam kategori berat atau parah.

"Kalau gejala yang lebih beratnya, kaki menjadi bengkak. Beberapa pasien juga mengalami bengkak pada wajah. Perut juga bisa terasa sangat begah," jelas Ario saat diitemui di BSD Tangerang, ditulis Rabu (25//9/2019).

Berbeda dengan kategori berat, pada gejala katup jantung bocor kategori ringan dan sedang, pasien akan merasakan debaran yang sangat cepat. Keluhan lain berupa sesak napas dan mudah lelah.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbaikan Katup Jantung Bocor

Penanganan katup jantung bocor biasa berbeda-beda, tergantung kategori ringan, sedang atau berat. Ada pula penanganan katup jantung bocor tanpa bedah. Upaya penanganan tersebut lebih menyasar pada perbaikan katup jantung.

"Masalah katup jantung bocor ya beda-beda. Ada kondisi katup jantung bocor bisa dilakukan tanpa bedah, yang mana perbaikan untuk menutup kebocoran," tambah dokter Wakil Sekjen I Perhimpunan Kardiovaskular Indonesia (PERKI).

Pada kondisi katup jantung bocor yang semakin parah, penanganan bisa diganti katup jantung berbahan besi metal. Upaya itu juga membutuhkan pertimbangan tertentu dari dokter dan melihat kondisi pasien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.