Sukses

Usai Operasi Katup Jantung, Kapan Mick Jagger Bisa Kembali Nyanyi?

Liputan6.com, Jakarta Operasi katup jantung yang harus bakal dijalani penyanyi rok Mick Jagger membuatnya menunda tur bersama band-nya The Rolling Stones. Namun, dia berjanji akan kembali ke panggung secepat mungkin.

Meskipun begitu, berapa lama biasanya orang yang baru saja melakukan operasi katup jantung seperti Mick Jagger, bisa kembali beraktivitas seperti biasa?

Melansir Prevention pada Rabu (3/4/2019), Marc Gillinov, MD, dari Department of Thoracic and Cardiovascular Surgery di Sydell and Arnold Miller Family Heart & Vascular Institute at Cleveland Clinic mengatakan umumnya seseorang akan menghabiskan waktu satu hari atau lebih di unit perawatan intensif. Kemudian, akan dipindahkan ke kamar biasa untuk memantau kondisi pasien.

Secara keseluruhan, paling tidak diharapkan sekitar dua sampai tiga minggu pemulihan dengan prosedur berbasis kateter. Sementara, untuk operasi robotik butuh tiga hingga empat minggu. Untuk prosedur jantung terbuka paling tidak dibutuhkan enam sampai delapan minggu.

"Kebanyakan orang akan berjalan-jalan lagi dalam beberapa hari (pascaoperasi)," kata Gillinov.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 3 halaman

Pemulihan Mick Jagger Sedikit Lebih Lama

Gillinov menambahkan, pada orang yang lebih muda proses pemulihannya cenderung lebih cepat. Namun, yang disorot saat ini vokalis senior Mick Jagger yang sudah berusia 75 tahun.

"Dibutuhkan sekitar sebulan pemulihan yang baik agar pasien benar-benar kembali ke aktivitas normal mereka," tambah kepala bedah aorta di Mount Sinai St Luke's, New York, Amerika Serikat, Gabriele Di Luozzo.

"Namun, kami memberi tahu pasien bahwa ketika tiba di rumah, bisa melakukan setidaknya 80 sampai 85 persen aktivitas normal," kata Di Luozzo.

Untuk pasien dengan usia seperti Jagger, dibutuhkan waktu lebih sedikit lebih lama kembali ke kondisi tubuh 100 persen.

"Paling tidak, saya mengatakan akan butuh satu setengah bulan pemulihan yang benar sebelum dia mulai menari di atas panggung lagi," kata Di Luozzo.

Dia sendiri merekomendasikan agar pasien yang baru pulih tetap aktif dan berjalan kaki setiap harinya.

 

3 dari 3 halaman

Jagger sempat kecewa

Jagger sendiri sedikit kecewa ketika dia harus menunda turnya bersama The Rolling Stones. Kepada para penggemarnya, dia berharap agar bisa kembali melakukan pertunjukan dengan cepat.

"Saya benar-benar benci mengecewakan kalian sepert ini. Saya kecewa karena harus menunda tur, tetapi saya akan berusaha keras untuk kembali ke atas panggung secepat mungkin," kata penyanyi kelahiran Inggris ini dalam sebuah pernyataan di media sosial Twitter dan Instagram.

 

Loading