Sukses

Keprihatinan Para Guru atas Kebakaran Hutan Riau Lewat Puisi Halau Jerebu

Keprihatinan para guru atas kebakaran hutan Riau diungkapkan lewat puisi berjudul 'Halau Jerebu.'

Liputan6.com, Pekanbaru Keprihatinan para guru atas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan haru diungkapkan lewat puisi berjudul 'Halau Jerebu.' Kata ‘jerebu’ dalam bahasa Melayu berarti debu, asap atau partikel-partikel kecil yang mencemari udara sehingga langit menjadi kabur (kotor).

Puisi kebakaran hutan dibacakan Kepala SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru Maryati. dalam Rapar Koordinasi (Rakor) Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Riau pada Sabtu (14/9/2019) di Gedung Pauh Janggi, Pekanbaru, Riau.

“Puisi ini diharapkan dapat menggugah para pejabat daerah dan pusat agar menggunakan kewenangannya untuk menyelesaikan bencana asap ini,” tutur Maryati, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Senin (16/9/2019).

Isi puisi 'Halau Jerebu' mengusung keprihatinan dirinya dan para guru di SMK Kehutanan Negeri Pekanbaru yang saat ini masih menghirup pekatnya asap kebakaran hutan di wilayah Riau. Dampak kabut asap yang masih dirasakan hingga sekarang menyebabkan kegiatan belajar di sekolah dihentikan sementara waktu.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Isi Puisi Halau Jerebu

Berikut ini adalah puisi yang dibacakan Maryati pada 14 September 2019 yang menyuarakan keprihatian guru-guru SMK Kehutanan Negeri di Riau atas kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Halau Jerebu

Empat koma lima juta daratan habis kau rayu

Muncul perkebunanan dan HTI di tanah melayu

Kau bangun kanal untuk mengelabuhiku

Lebih tiga meter kedalaman gambut kau buat abu-abu

Kanal kering kau bakar jadi abu

Di tanah melayu muncul jerebu-jerebu

Dua puluh dua tahun udah kotaku kau ganggu

Membuat asa dan hatiku pilu

Hilangkan musibah jerebu agar negeriku tampak ayu.

Buang jauh dariku satu koma delapan juta hektar sawit tak bermutu

Perkebunan dikubah gambut ubahlah fungsi menjadi hutanku

Hilangkan dosamu usir jerebu itu

Inilah langkahmu majulah jangan ragu

Jauh jauh jerebu

3 dari 3 halaman

Usulan soal Lahan Gambut

Maryati membacakan puisi ‘Halau Jerebu’ di hadapan peserta rakor, yang dihadiri Gubernur Riau, Panglima TNI, Asops Kapolri, Dirjen Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pangdam Bukit Barisan, Kepala Pusat Meteo Publik BMKG, Satgas Karhutla Riau, bupati dan walikota seluruh Riau, tokoh masyarakat, perwakilan Lembaga Adat Riau, perwakilan perguruan tinggi dan sekolah, serta media massa.

Sebelum pindah ke Pekanbaru pada 2017, Maryati berasal dari Yogyakarta pernah lama tinggal di Kalimantan.

Ia pun mengusulkan kepada Gubernur Riau pada Rapat Koordinasi (rakor) Penanggulangan dan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Riau bahwa “Lahan gambut dengan kedalaman lebih dari 3 meter agar dikonversi menjadi hutan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.