Sukses

Orang yang Banyak Jerawat Disebut Rawan Depresi, Benarkah?

Apa penyebab orang jerawat dengan mengalami depresi

Liputan6.com, Jakarta - Jerawat tak hanya membuat orang minder alias nggak percaya diri, tapi juga bisa bikin depresi.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pasien dengan jerawat berisiko tinggi mengalami depresi berat. Namun, hanya dalam lima tahun pertama setelah didiagnosis dengan jerawat.

British Journal of Dermatology menganalisis data dari The Health Improvement Network (THIN) (1986-2012), database perawatan primer besar di Inggris.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Risiko Depresi pada Orang yang Banyak Jerawat

Peneliti menemukan, risiko depresi berat tertinggi terjadi dalam satu tahun setelah didiagnosis jerawat dan menurun setelahnya. Risiko ini 63 persen lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak berjerawat.

"Studi ini menyoroti hubungan penting antara penyakit kulit dan penyakit mental. Mengingat risiko depresi paling tinggi pada periode setelah pertama kali seorang pasien datang ke dokter untuk masalah jerawat, itu menunjukkan seberapa besar dampak kulit kita terhadap kita. keseluruhan kesehatan mental," kata penulis utama Dr. Isabelle Vallerand, dari University of Calgary, di Kanada, seperti dilansir Times Now News pada Minggu, 1 September 2019.

Hasil penelitian ini menunjukkan jerawat lebih dari sekadar cacat pada kulit. Untuk itu dokter sangat penting memantau gejala suasana hati pada pasien berjerawat dan memulai pengobatan depresi sesegera mungkin atau mencari konsultasi psikiater bila diperlukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih.

    Jerawat

  • Depresi adalah kelainan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat terus-menerus.

    Depresi