Sukses

5 Cara Atasi Jerawat di Bokong

Liputan6.com, Jakarta Dimana pun kehadirannya, rasa-rasanya ingin memencet jerawat. Termasuk saat jerawat hadir di bokong atau disebut butne. Sama seperti di wajah, memencet jerawat bokong malah menimbulkan bekas. 

Dokter kulit Gabriel Serrano, berbagi cara pengobatan jerawat di bokong seperti dikutip Yahoo, Senin (8/7/2019).

1. Gunakan scrub yang lembut

Biasanya orang melakukan scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Namun, jangan sampai salah memilih yang malah menghilangkan terlalu banyak minyak alami Anda.

"Jadi sangat penting menjaga keseimbangan saat menggunakan scrub," saran Serrano.

Menurutnya, produk pengelupasan sering menggunakan beberapa partikel seperti pasir, kerang, atau gula, sehingga membantu menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit.

Tetapi beberapa scrub bisa terlalu abrasif, terutama jika mengandung partikel dengan tepi kasar, karena ini dapat menggaruk dan merusak kulit Anda, menyebabkan lebih banyak peradangan dan iritasi.

"Pengelupasan terlalu keras, yang cenderung biasanya kita lakukan dapat menghancurkan penghalang pelindung, yang menyebabkan kulit memerah dan teriritasi, dan setelah dihilangkan, kulit terkena racun lingkungan yang dapat menyebabkan bintik-bintik."

Serrano menyarankan untuk memilih produk yang mengandung asam glikolat, yang kurang keras pada kulit.

“Asam glikolat dapat digunakan untuk membantu menghilangkan tekstur kasar dengan menghilangkan sel kulit mati dan menghaluskan lapisan atas kulit, ”jelasnya.

 

2 dari 3 halaman

2. Rajin Membersihkan Bokong

Cara terbaik untuk menghentikan tumbuhnya butne adalah menjaga folikel Anda bersih dan mencegah penumpukan bakteri.

“Sebelum mandi, cobalah duduk di atas handuk lembap/panas karena ini akan membantu membuka pori-pori, memungkinkan pembersihan lebih dalam,” saran Serrano.

3. Bergerak

Duduk berlama-lama membuat bokong tak memiliki kesempatan bernapas. Serrano menyarankan untuk mengatur alarm agar mengingatkan Anda bergerak di tempat kerja, atau berjalan-jalan di sekitar tempat kerja saat makan siang. Ini untuk meningkatkan jumlah langkah harian Anda.

 

3 dari 3 halaman

4. Pilih Kain Longgar

Beralih ke celana kain yang longgar, baik celana dalam maupun celana bagian luar, sehingga area tersebut bisa bernapas. "Cobalah untuk mengenakan pakaian yang lebih bernapas, kapan pun memungkinkan, seperti pakaian dalam dari katun karena ini akan membantu mencegah pori-pori Anda tersumbat," tambahnya.

5. Segera ganti baju olahraga

Untuk mencegah timbulnya jerawat, gantilah pakaian usai berolahraga.

"Cobalah lepas pakaian olahraga, atau pakaian yang telah berkeringat sesegera mungkin dan mandi untuk membersihkan dan membersihkan kulit," saran Serrano.

Loading
Artikel Selanjutnya
Hanya dengan Modal Rp 0, Masker ini Dapat Meredakan Bekas Jerawat Meradang
Artikel Selanjutnya
Beda Penyebab Jerawat Tumbuh di Bokong dan Wajah