Sukses

Sensasi Terbakar Saat Buang Air Kecil, Waspada Kanker Prostat

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda merasakan sensasi terbakar saat buang air kecil, maka ada kemungkinan itu tanda dari kehadiran kanker prostat. Di Inggris, kanker prostat kini menjadi pembunuh yang lebih besar daripada kanker payudara.

Sastrawan dan wartawan senior Arswendo Atmowiloto dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (19/7/2019) sore ini pukul 17.50 WIB setelah berjuang melawan kanker prostat yang diidapnya.

Penyakit kanker prostat berkembang perlahan seiring waktu. Namun, penyakit ini tidak memiliki gejala pada tahap awal. Setelah kelenjar prostat membengkak, gejala baru menjadi lebih terasa, dilansir dari Express, Sabtu (20/7/2019).

Berdasarkan Prostate Cancer UK, gangguan kandung kemih, seperti sensasi terbakar dan sulit buang air kecil dapat disebabkan oleh penyebaran kanker ke daerah sekitar prostat.

2 dari 4 halaman

Pembedahan atau Radioterapi

Konsultan urologis di Royal Surrey County Hospital di Guildfor, Chris Eden menjelaskan, ribuan pria dengan kanker prostat yang telah menjalani perawatan invasif mungkin berisiko rendah mengalami kematian akibat kanker tersebut.

"Misal, prostatektomi, prosedur pengangkatan kelenjar prostat dan jaringan di sekitarnya melalui pembedahan atau radioterapi. Penanganan ini digunakan untuk menghancurkan tumor," ujar Eden.

Prostatektomi merupakan prosedur operasi untuk mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar prostat akibat adanya penyakit kanker prostat.

National Health Service Inggris menyampaikan, banyak pria yang meninggal dunia akibat kanker prostat. Ini karena kanker prostat tidak selalu perlu segera diobati. Terkadang, awalnya hanya dipantau dan dirawat jika semakin memburuk.

3 dari 4 halaman

Periksa Saat Alami Gangguan

Jika Anda mengalami kesulitan atau merasakan nyeri ketika buang air kecil, maka Anda harus ke dokter. Dokter akan memeriksa kelenjar prostat guna menentukan, apakah itu kelenjar tersebut membesar atau meradang dengan infeksi bahkan tanda kanker.

NHS juga menyarankan, jika ada rasa sakit kronis di punggung bawah, panggul, tulang paha atas atau tulang lain bisa berarti kanker prostat telah menyebar.

Tanda lanjutan lain berupa penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, pembengkakan pada kaki dan kelemahan, serta kesulitan berjalan, tulis NHS.

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Video Potongan Kanker Bergerak-gerak Saat Didekati Bawang Putih, Faktanya?
Artikel Selanjutnya
Kanker Payudara Stadium Dini Bisa Sembuh Total