Sukses

Menkes Nila: Pembangunan Infrastruktur Bantu Akses Pelayanan Kesehatan

Pembangunan infrastruktur turut membantu membuka akses pelayanan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Nila F. Moeloek mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur dibutuhkan untuk membuka akses pelayanan kesehatan.

"Ini juga merupakan yang menguntungkan bagi kita, yaitu akses pelayanan kesehatan untuk di daerah-daerah agar bisa tercapai," kata Nila seperti disampaikan dalam peluncuran Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) 2018 di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Nila mengatakan, selama ini kendala akses masih menjadi tantangan bagi pelayanan kesehatan di Indonesia yang belum bisa diselesaikan. Seringkali pelayanan kesehatan sulit diakses karena transportasi yang tidak begitu baik.

Sebelumnya, presiden terpilih 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya di Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Minggu malam kemarin mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur masih menjadi program utama yang dilanjutkan di periode kedua pemerintahannya.

Dalam pidato tersebut, Jokowi mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur harus dilakukan dengan lebih cepat. Pembangunan infrastruktur besar sebelumnya, seperti jalan tol, kereta api, pelabuhan, dan bandara akan disambungkan dengan kawasan-kawasan produksi rakyat.

"Kita sambungkan dengan kawasan industri kecil, sambungkan dengan Kawasan Ekonomi Khusus, sambungkan dengan kawasan pariwisata," kata Jokowi.

Selain itu, dia juga meminta pembangunan infrastruktur besar tersebut harus disambungkan dengan kawasan persawahan, kawasan perkebunan, dan tambak-tambak perikanan.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.