Sukses

Kasus Hepatitis A Pacitan Paling Tinggi di Kecamatan Sudimoro, Apa Sebabnya?

Jumlah kasus hepatitis A di Pacitan, Jawa Timur, paling tinggi di Kecamatan Sudimoro.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah kasus hepatitis A di Pacitan, Jawa Timur, paling tinggi di Kecamatan Sudimoro. Data Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan pada Minggu, 30 Juni 2019 mencatat, sebanyak 524 orang terjangkit hepatitis A di Kecamatan Sudimoro.

Posisi kedua dengan jumlah kasus hepatitis A terbanyak ditempati oleh Kecamatan Ngadirojo, yakni 164 kasus. Sementara itu, total jumlah kasus hepatitis sebanyak 957 orang terjangkit. 

"Iya, ada kecamatan yang memang tinggi jumlah kasusnya. Itu dipengaruhi kondisi lingkungan dan sedang kekeringan juga," ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan Eko Budiono saat dihubungi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Senin (1/7/2019).

Kekeringan yang ada membuat suplai air bersih terkendala, sehingga sanitasi pun ikut memburuk. Masyarakat kekurangan air bersih.

Dalam kondisi seperti itu, penyebaran virus hepatitis melalui air akan mudah menyebar.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tangki Air Bersih

Katerkaitan antara kondisi kekeringan dan penyebaran virus hepatitis A pun dijelaskan oleh Direktur Jenderal Pencegaan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Anung Sugihantono. 

"Volume airnya banyak, meski ada kuman, kemungkinan jumlah kumannya sedikit. Kalau volume air sedikit, kumannya akan menumpuk menjadi lebih banyak," jelas Anung dalam konferensi pers hari ini di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta. 

Guna mengatasi kekeringan serta mencukupi ketersediaan air bersih, disediakan tangki-tangki air. Saat ini, tangki air pun sudah tersebar di 12 kecamatan di Pacitan, lanjut Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini