Sukses

Tidak Aneh, Bicara Sendiri Ada 6 Manfaatnya

Begini manfaat dari bicara sendiri

 

Liputan6.com, Jakarta - Kita sering menganggap aneh orang yang suka berbicara dengan diri sendiri. Orang yang bicara sendiri kerap disangka mengganggu gangguan mental, seperti skizofrenia.

Bicara sendiri—dalam batasan tertentu—adalah normal. Bahkan, ada banyak manfaat sehat di balik kebiasaan berbicara dengan diri sendiri.

Dikutip dari New York Times pada Selasa, 2 Juli 2019, ketika Anda berbicara kepada diri sendiri, Anda mencoba untuk melihat segala sesuatu dengan lebih objektif

“Dua jenis self-talk yang mungkin paling Anda kenal adalah instructional self-talk, seperti berbicara diri sendiri untuk tugas-tugas, dan motivational self-talk. Pada jenis yang kedua ini Anda dapat mengatakan pada diri sendiri, ‘Saya bisa melakukan ini dan itu’,” ujar profesor psikologi di University of Michigan, Ethan Kross.

Hal ini mungkin terdengar klise, ucap Kross, tetapi dapat memotivasi diri sendiri dengan keras bisa berhasil. Selain hal tersebut, dilansir dari RD, bicara  sendiri dapat bermanfaat untuk:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Bicara Sendiri untuk Atasi Kesepian

 

Dijelaskan dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, memiliki hubungan sosial yang baik dengan orang lain sangat diperlukan, terutama ketika Anda sedang mengalami masalah.

Akan tetapi, ketiadaan dukungan sosial dari keluarga, teman, atau kerabat Anda, dapat membuat Anda merasa kesepian dan tidak bersemangat. Hal ini dapat berujung pada depresi.

Namun ternyata, berbicara kepada diri sendiri dapat membantu mengurangi kesepian, kata Aniesa M. Schneberger, MA, LMHC di Tampa Life Change.

"Rasanya menyenangkan untuk membantu mengisi suara yang tenang ketika Anda sendirian," kata Schneberger.

Akan tetapi, ketika Anda mulai berdebat dengan diri sendiri, Anda harus mulai merasa khawatir.

Schneberger, menjelaskan, ini bisa menjadi indikasi perilaku abnormal. Anda dapat segera berkonsultasi dengan seorang profesional, seperti psikolog, untuk mengatasinya.

 

3 dari 7 halaman

Bikin Hidup Lebih Teratur

 

Gumaman seperti, "Oke, setelah ini, saya akan pergi ke pasar swalayan, membeli ikan, sayur dan buat, lalu kembali ke rumah, memasak…” ternyata membuat Anda hidup lebih terorganisasi.

Berbicara kepada diri sendiri mengenai beragam hal yang harus Anda kerjakan membuat Anda menyusun tindakan Anda selanjutnya secara teratur.

"Pikiran hanya dapat memproses satu tugas pada satu waktu, meskipun Anda berpikir akan melakukan banyak tugas," kata Julia Breur, PhD, seorang psikoterapis klinis berlisensi di Boca Raton, Florida.

 

4 dari 7 halaman

Temukan Barang Lebih Cepat karena Bicara Sendiri

 

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Wisconsin-Madison dan University of Pennsylvania menemukan bahwa berbicara kepada diri sendiri membantu Anda menemukan barang lebih cepat.

Menurut peneliti, ketika Anda mengucapkan barang yang sedang dicari, kemampuan Anda untuk menemukannya lebih cepat meningkat dibandingkan dengan mereka yang tidak mengulangi kata tersebut.

 

5 dari 7 halaman

Mengurangi Stres

 

Lain kali, saat Anda sedang merasa stres tentang sesuatu, pertimbangkanlah untuk berbicara dengan diri sendiri.

“Ini adalah cara normal untuk mengatasi stres dan kecemasan, serta membantu meringankan tekanan dalam hidup,” kata Dr. Breur.

Berbicara dengan diri sendiri berfungsi sebagai semacam basa-basi. Anda menyuarakan dan memotivasi diri sendiri dan memperkuat bahwa sesuatu bisa diatasi dan dilakukan.

Alhasil, Anda cenderung merasa lebih percaya diri selama masa-masa penuh tekanan.

 

6 dari 7 halaman

Meningkatkan Kecerdasan

 

Berbicara kepada diri sendiri dapat membantu meningkatkan kecerdasan Anda dengan mengatur pikiran dan mengasah pada tugas-tugas penting. Namun, penting bagi Anda untuk berbicara dengan hormat kepada diri sendiri.

Tidak dianjurkan untuk mengatakan hal negatif seperti "kamu idiot!" pada diri sendiri. "Mulailah berbicara positif pada diri Anda sendiri, seolah Anda adalah sahabat sendiri," kata Breur.

 

7 dari 7 halaman

Bicara Sendiri Bantu Anda Selesaikan Masalah

 

Anda cenderung lebih mudah memecahkan masalah dengan bicara pada diri sendiri, dibandingkan orang yang tidak.

Lifehack.org menyatakan bahwa ketika Anda berbicara pada diri sendiri tentang masalah dan mengandalkan orang lain, Anda cenderung menjadi lebih mandiri.

Mendengarkan suara Anda sendiri juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat Anda lebih efektif dalam pemecahan masalah.

Kini, Anda tidak perlu menganggap orang yang berbicara dengan diri sendiri adalah aneh. Bahkan Anda dapat memulai kebiasaan tersebut karena bisa mendatangkan banyak manfaat.

Dengan catatan, kebiasaan ini dilakukan dalam batasan wajar.

Penulis : Hotnida / Klik Dokter

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini