Sukses

Menonton Sesame Street Efektif Bantu Balita Melek Huruf

Balita bisa belajar huruf dan angka saat menonton tayangan dari serial televisi Sesame Street.

Liputan6.com, Jakarta Serial televisi, Sesame Street, ternyata efektif membantu anak-anak balita melek huruf dan angka. Hal itu dibuktikan dalam sebuah studi yang baru-baru ini dirilis.

Menurut penelitian berjudul Early Childhood Education by Television: Lessons from Sesame Street, yang dipublikasikan di American Economic Journal, serial televisi asal Amerika Serikat ini mampu membantu perkembangan kognitif anak-anak.

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak balita tidak sekolah yang menonton Sesame Street memiliki lonjakan nilai tinggi bahkan sebanding dengan anak yang mengikuti sekolah formal.

"Sebuah uji coba kontrol acak skala kecil (RCT) yang dilakukan pada waktu itu menunjukkan bahwa pertunjukan tersebut memiliki dampak yang substansial dan langsung pada skor tes melek huruf dan angka pada usia tiga dan empat," tulis peneliti seperti mengutip Todays Mama.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Lebih Terasa pada Anak Laki-Laki

Sesame Street sendiri adalah serial televisi yang memadukan antara hiburan dan pendidikan untuk anak-anak usia balita. Awalnya, tayangan ini dihadirkan untuk menyamakan kesempatan bagi anak-anak usia dini yang tak bisa bersekolah mendapat tontonan mendidik. Rupanya program ini berjalan dengan sangat baik.

Serial televisi yang diisi karakter Elmo, Big Bird, Cookie Monster ini mampu memberikan penontonnya peningkatan dalam aspek pendidikan. Termasuk peningkatan yang " cepat dan besar" dalam nilai ujian. Peningkatan ini paling jelas terjadi pada anak laki-laki.

 

Penulis: Mutia/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.