Sukses

Muncul Buih pada Urine, Tanda Masalah Ginjal?

Liputan6.com, Jakarta Urine bisa menjadi salah satu indikator kesehatan. Misalnya warna urine yang kuning pekat menandakan kurang air. Selain itu, kehadiran buih di urine juga bisa menjadi petunjuk kesehatan.

Menurut ahli kesehatan ginjal, dokter Erick P Castle, kehadiran buih pada urine saat buang air kecil adalah hal normal. Namun, ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan.

"Biasanya karena kecepatan saat buang air kecil, tapi jika terjadi terus menerus harus memeriksakan diri ke dokter. Apalagi bila busa yang muncul semakin terlihat dan semakin banyak," kata Erick, seperti dikutip dari Self.

 

Kondisi tersebut juga bisa menjadi tanda protein dalam urine (proteinuria) tidak normal dan membutuhkan evaluasi lebih lanjut. Peningkatan jumlah protein dalam urine bisa berarti ada masalah ginjal serius.

Jika urine tampak sangat berbusa, dokter bisa saja merekomendasikan tes urine untuk memeriksa kadar protein yang tinggi. Jika tes ini positif, maka perlu tes lebih lanjut untuk menentukan penyebabnya.

 

Sumber: Dream.co.id

 

Saksikan juga video menarik berikut

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Bisa Segera Pipis Usai Berhubungan Seks, Apa yang Harus Dilakukan?
Artikel Selanjutnya
13 Alasan Aroma Urine Saat Kencing Menyengat (2)