Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

3 Tips Singkirkan Rasa Cemas dalam Kehidupan Seks

Merasa cemas soal kehidupan seks Anda, lakukan tiga tips berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Seseorang bisa merasakan kecemasan dalam kehidupan seksual. Kurangnya rasa percaya diri dan takut mengecewakan pasangan bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Namun, bukan berarti kecemasan seksual tidak bisa diatasi. Mengutip Medical News Today pada Rabu (29/5/2019), setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan agar Anda tidak merasa cemas terhadap kinerja seksual diri sendiri.

1. Menghargai Tubuh Sendiri

Jika kita tidak merasa aman dan nyaman dengan penampilan tubuh sendiri, perasaan khawatir tentang anggapan pasangan tentang tubuh kita bisa saja muncul. Jelas saja, ini menghilangkan perasaan baik yang harusnya muncul dari hubungan seks.

Karena itu, belajarlah untuk menghargai tubuh sendiri. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sex Research menemukan bahwa sepertiga wanita yang tidak bahagia dengan tubuhnya, sulit menikmati kehidupan seksnya.

Dalam penelitian lainnya, para pria muda di militer yang memiliki citra negatif akan dirinya sendiri, lebih rentan mengalami disfungsi ereksi.

Menurut peneliti seks, Emily Nagoski, jika Anda khawatir tentang tubuh sendiri, berikan pengakuan terlebih dulu pada diri sendiri dengan menemukan apa yang Anda sukai dari tubuh Anda sendiri.

"Berdirilah di depan cermin, sebisa mungkin nyaris tanpa pakaian. Anda akan melihat apa yang kamu lihat dan tuliskan semua yang Anda suka," kata Nagoski.

"Kemudian, lakukan lagi keesokan harinya, dan besoknya lagi," tambahnya. Ulangi itu hingga Anda merasa nyaman dengan diri sendiri.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pelajari tentang Seks Itu Sendiri

Setiap orang memiliki preferensi dan kebutuhan seks yang berbeda-beda. Maka dari itu, ketahui strategi yang tepat untuk diri Anda sendiri.

Perhatikan bagaimana teknik yang dilakukan ketika bercinta. Selain itu, mungkin Anda juga pernah mendengar mitos tentang kehamilan atau tentang bagaimana seharusnya bereaksi ketika berhubungan intim.

Pelajarilah sebanyak mungkin tentang seks untuk menghilangkan berbagai perasaan khawatir atau cemas yang Anda miliki. Mulai dari konsultasi dengan petugas kesehatan, membaca buku, hingga ikut seminar.

"Orang dewasa perlu pendidikan seks juga. Jika kita tidak mempelajarinya, bagaimana kita bisa memiliki kehidupan seks memuaskan ang ingin kita miliki," kata pendidik seks Amy Jo Goddard.

Pelajari dan telusuri juga tentang tubuh Anda sendiri. Ketahui apa yang membuat Anda merasa senang dan bersemangat.

3 dari 3 halaman

3. Komunikasikan dengan Pasangan

Setelah mengetahui apa yang Anda sukai, jangan ragu untuk mengungkapkan kebutuhan di tempat tidur pada pasangan. Jelaskan apa yang ada dalam pikiran Anda.

Komunikasikan dengan pasangan tentang kebutuhan seks Anda. Cara ini menjadi strategi terbaik agar pasangan juga tahu apa yang terbaik untuk Anda berdua.

Sebuah studi yang terbit di Journal of Marital and Family Therapy menemukan pasangan yang rajin memberitahukan kebutuhan dan keinginan seksualnya, memiliki kehidupan seks yang lebih sehat dan memuaskan.

Terapis seks, Claudis Six mengatakan, mereka yang mengalami kecemasan seksual harus sadar bahwa mereka tidaklah mengecewakan. Karena itu, temukan cara terbaik untuk bisa bersenang-senang di ranjang bersama pasangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.