Sukses

Catat, Ini Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Kualitas tidur tidak hanya ditentukan berdasarkan jumlah waktu tidur. Posisi tidur juga menentukan kualitas tidur Anda. Posisi tidur yang tepat dapat meningkatkan kualitas tidur Anda serta mencegah beberapa masalah kesehatan

Spesialis Tidur dan Neurologist Medicine Yale Brian Koo menjelaskan posisi tidur yang baik tergantung pada kondisi kesehatan seseorang.

"Posisi tidur yang baik biasanya miring ke salah satu sisi. Sleep apnea dan mendengkur bisa bertambah parah saat seseorang tidur telentang. Namun, jika tidak ada dengkuran saat tidur maka tidur telentang diperbolehkan," kata Brian, seperti dikutip dari Reader's Digest, Rabu (15/5/2019).

Menurut National Sleep Foundation jika Anda tidak mendengkur, disarankan tidur telentang. Pastikan kasur Anda mendukung posisi tidur untuk menjaga kesehatan dan membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik.

 

2 dari 3 halaman

Bertumpu pada Perut, Bukan Posisi Tidur yang Baik

National Sleep Foundation juga mengatakan bahwa posisi tidur dengan bertumpu pada perut bukanlah posisi tidur yang baik. Posisi tidur tersebut dapat menekan otot dan sendi sehingga dapat membuat Anda mengalami rasa sakit.

Lalu bagaimana posisi tidur yang baik?

Posisi tidur yang baik bagi sebagian orang adalah miring ke samping sambil menjepit bantal di bagian lutut. Posisi ini dapat mengurasi rasa nyeri punggung dan mencegah dengkuran keras. National Sleep Foundation pun juga mengatakan bahwa ini juga merupakan pilihan baik bagi orang dengan sleep apnea.

Penulis: Khairuni Cesario

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mencegah Terjadinya Microsleep, Musuh Utama Pengendara di Jalan Raya
Artikel Selanjutnya
Pola Tidur Bisa Tunjukkan Kepribadian, Anda yang Mana?