Sukses

Banyak Baca Buku, Otak pun Merasa Senang

Liputan6.com, Jakarta Mungkin sebagian orang berpikir bahwa membaca buku hanyalah sebuah hiburan di waktu kosong. Namun, menghilangkan stres hingga memaksimalkan fungsi otak dapat diperoleh ketika membaca buku.

Otak adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh. Salah satu fungsi otak bagi manusia adalah memori. Memori membantu seseorang untuk berpikir, belajar, mengingat, dan membantu seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Dengan membaca buku, otak dapat bekerja dengan baik untuk melindungi daya ingatan dan keterampilan berpikir, seperti dikutip dari sebuah penelitian dari Fisher Center for Alzheimer's Research Foundation.

Para penulis penelitian tersebut juga menyarankan untuk membaca buku setiap harinya, guna menjaga otak tetap sehat dan berfungsi lebih tinggi untuk waktu yang lama.

 

2 dari 2 halaman

Manfaat Membaca Buku

Seseorang dengan penyakit Alzheimer juga akan terbantu meningkatkan daya ingat, jika dia mau membaca buku setiap hari. Para ilmuan dari University of California, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa membaca dapat menurunkan kadar beta amyloid, protein otak yang bersangkutan dengan Alzheimer.

Tidak hanya fungsi otak, membaca juga meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan, mengembangkan, dan mempertahankan memori. Hal ini telah diteliti oleh University of Liverpool, dalam laporannya yang berjudul 'World Book Day: Reading can improve your mental flexibility'.

Begitu banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh ketika membaca buku. Mulailah membaca buku setiap hari. Selain sebagai hiburan dan kesehatan, buku juga bisa memainkan imajinasi.

Penulis: Dara Elisabeth 

Loading