Sukses

Pakar Ungkap Cara Tepat Dapatkan Manfaat Pijat

Untuk bisa mendapatkan manfaat optimal dari pijat syaratnya harus fokus saat melakukannya.

Liputan6.com, Jakarta Akupresur atau teknik memijat untuk mengatasi keluhan kesehatan seperti kembung dan sakit kepala bisa dilakukan oleh diri sendiri. Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat optimal dari pijat syaratnya harus fokus saat melakukannya.

"Kalau kita sudah bisa fokus pada diri sendiri, itu sudah baik. Secara fisik, stimulasi ini akan memberikan fenomena pada tubuh. Hal ini akan mempengaruhi sistem ginjal, hormon. Ketika hormon seimbang, tubuh akan merasa baik," kata trainer akupresur UPTD Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Bali, Wayan Sukeria.

Jika tidak dilakukan secara fokus atau kurang mengapresiasi tubuh, maka khasiat dari pijat tetap didapat tapi kurang maksimal.

"Kalau kita memperhatikan tubuh, memberikan stimulasi yang tepat, dengan sendiri pijat akan bermanfaat bagi tubuh," kata Sukeria di Kintamani, Bali, Kamis (25/4/2019).

Ia juga menjelaskan mengenai kekuatan tekanan saat memijat yang tak bisa selalu sama. Ada kalanya tekanan ke titik-titik tubuh dilakukan dengan ringan, sedang, atau keras.

"Secara text book ada aturan. Namun, pada praktiknya tidak seperti itu. Tubuh kita kan luar biasa dinamis, yang paling tahu tubuh kita kan diri kita sendiri, kita yang menentukan seberapa kuat seberapa ringan atau kuat," katanya.

Satu tips darinya, ketika tubuh sedang tidak terlalu bugar ada baiknya memberikan tekanan pijat secara ringan saja.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Titik untuk atasi migrain

Bagi Anda yang sering migrain, mungkin pernah memijat area kepala. Namun, Sukaria menjelaskan lebih baik memijat pelipis.

"Direkomendasikan memberikan pijatan di pelipis 30 kali. Lakukan bertahap, 10 tekan lalu ambil dan tarik napas, lanjutkan lagi," katanya.

Bisa juga dengan memijat titik yang berada antara jempol dan telunjuk tangan. Dan, memijat bagian jempol dan jari kaki di samping jempol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.