Sukses

Selain Jadi Bumbu Dapur, Batang Seledri Bagus untuk Menu Sehat Si Kecil

Liputan6.com, Jakarta Seledri biasanya identik dengan bumbu dapur. Sayuran hijau dengan bentuk dan aroma khas ini menambah cita rasa masakan seperti sup jadi lebih gurih. Tapi, siapa sangka bila batang seledri memiliki banyak manfaat kesehatan bagi dewasa dan anak-anak? Simak penuturan Mommy Junis Kenshi dari Babyologist berikut ini.

Kita pasti sudah tidak asing dengan seledri. Seledri adalah salah satu bumbu dapur yang dipakai daunnya untuk memberikan cita rasa pada sup, maupun tumisan lainnya. Selain itu, daunnya juga bisa dikonsumi mentah. Selama ini, kita hanya mengetahui bahwa daunnya yang kita konsumsi dan dipakai untuk keperluan memasak. Ternyata, selain daunnya, batang dari seledri juga bisa dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat.

Mungkin ada sebagian orang yang tidak menyukai aroma dari daun seledri, tapi jangan khawatir, karena batang seledri ini setelah dimasak tidak memiliki bau seperti daunnya dan rasanya juga enak loh!

Seledri bisa dimasak sebagai menu MPASI untuk si buah hati. Gizi yang terkandung di dalam seledri batang ternyata sangat bagus untuk pertumbuhan si Kecil. Adapun manfaat dari seledri batang yaitu:

1. Kaya akan Vitamin 

Seledri batang kaya akan vitamin A yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata, tulang, gigi dan kulit. Selain vitamin A, seledri juga mengandung vitamin C yang digunakan tubuh untuk memproduksi kolagen dan mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Seledri Batang juga mengandung vitamin K yang tinggi, zat besi, kalium dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Serat

Seledri batang juga termasuk sayuran yang tinggi serat, di mana bisa membantu fungsi sistem pencernaan dan mengurangi risiko penyakit seperti sembelit dan wasir.

3. Kandungan Vitamin Tetap Utuh

Sebagian besar sayuran yang telah diolah atau dimasak akan kehilangan vitaminnya, sedangkan seledri batang ini berbeda. Kandungan vitamin seledri akan tetap utuh 80% meskipun setelah dimasak.

 

2 dari 2 halaman

Menu MPASI

Seledri batang ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu MPASI pada bayi maupun dijadikan sebagai finger food. Seperti yang kita ketahui, sayuran yang dijadikan finger food pada umumnya adalah wortel dan brokoli. Nah, seledri batang ini juga bisa dijadikan pilihan alternatif finger food ya Moms.

Selain manfaatnya yang penting untuk tubuh, cara mengolahnya juga mudah loh. Seledri batang ini bisa di-steam, ataupun bisa dimasak kuah. Biasanya, saya mengolah dengan masak kuah bersama tulang ayam, daging ayam yang sudah dicincang, wortel ataupun kacang merah. Percayalah, sayur ini tidak ada bau tajam seperti daun seledri. Apabila di-steam, boleh di-steamagak lama agar lunak sesuai teksur yang cocok untuk anak. Dan untuk orang dewasa, Seledri batang ini boleh dijus, ataupun dijadiin smoothies.

Nah, selain dari manfaat penting dari seledri batang ini, ternyata ada juga kekurangan dari seledri batang ini, yaitu susah dicari di pasar. Seperti yang kita ketahui bahwa seledri biasanya yang dipakai adalah daunnya, sehingga di pasar jarang ditemui batangnya. Biasanya harus dibeli di supermarket yang menjual sayuran impor atau sayuran organik. Meskipun demikian, seledri Batang ini tetap penting dan bagus ya untuk kesehatan anak maupun orang dewasa.