Sukses

Mendadak Cedera Sendi, Jangan Langsung Diurut

Mendadak alami cedera sendi, hindari langsung diurut karena akan memperparah kondisi.

Liputan6.com, Bogor Ketika cedera sendi, seseorang biasanya mencari pertolongan dengan cara diurut. Cara penanganan diurut diharapkan memulihkan kembali sendi yang terganggu.

Dokter Umum dan Kepala Unit Emergency RS Pondok Indah, Felix Samuel menjelaskan, penanganan dengan diurut keliru.

"Justru kalau cedera sendi, jangan langsung diurut. Tambah bengkak nanti. Yang benar adalah pertolongan pertama dengan kompres air dingin atau es pad area yang cedera," jelas Felix saat ditemui di Royal Tulip Gunung Geulis Resort, Bogor, Jawa Barat, ditulis Senin (15/4/2019).

Mengompres dengan air dingin atau es bertujuan mengurangi peradangan, bengkak, dan nyeri.

"Saat dikompres air dingin, pembuluh darah akan mengecil sehingga mengurangi bengkak dan nyeri. Kompres dengan kain," tambah Felix.

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angkat kaki

Seseorang yang cedera sendi juga perlu beristirahat dengan baik. Hal ini demi memulihkan cedera dan sendi cepat stabil.

Selain itu, upaya mengangkat kaki yang cedera, seperti keseleo dapat dilakukan.

"Angkat kaki yang cedera, lalu ganjal dengan bantal. Posisi kaki yang lebih tinggi dengan badan bertujuan sendi lekas pulih. Cara ini juga bisa mengurangi bengkak," Felix menambahkan.

Cedera sendi menyebabkan terganggunya fungsi sendi,  ligamen, otot, saraf, tendon, dan tulang belakang. Jenis cedera sendi yang paling umum karena terpeleset, terjatuh, dan terkilir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.