Sukses

Muncul Ruam di Wajah Bayi, Alergi ASI?

Liputan6.com, Jakarta Ketika melihat ruam atau bercak kemerahan pada pipi bayi, banyak orang menduga hal itu disebabkan oleh air susu ibu. Pada bayi yang masih menyusu ASI secara eksklusif, hal tersebut mungkin terjadi ASI terkonaminasi alergen (penyebab alergi). Mommy Erizca Chrisnina dari Babyologist berbagi pengalamannya mengatasi ruam pada baby Alessa. 

Pada bayi ASI apalagi ASI eksklusif mungkin Moms pernah melihat bercak kemerahan atau ruam di pipi bayi?

Nah, di sini saya ingin berbagi pengalaman karena ketika baby Alessa berusia 3 bulan mendadak timbul ruam kemerahan berbintik di pipi. Saat jadwal kunjungan ke dokter, dokter mengatakan kemungkinan baby Alessa alergi ASI karena saya mengonsumsi penyebab alergi (alergen) misalnya bahan makanan yang mengandung protein hewani tinggi seperti telur atau ikan laut.

Namun, setelah saya diet makanan-makanan tersebut, ruam di pipi baby Alessa tidak juga berkurang. Ternyata, ruam kemerahan di pipi bukan selalu karena alergi ASI ya Moms. Perlu Moms ketahui, ASI mengandung nutrisi seperti karbohidrat dan lemak, jika menempel pada kulit bisa menimbulkan ruam. Maka dari itu hal terpenting adalah menjaga kebersihan kulit si Kecil. Apalagi baby Alessa sedang pada tahap suka memasukkan tangan ke dalam mulut.

Hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kebersihan kulit anak:

1. Pastikan sprei dan sarung bantalnya dalam kondisi bersih, terutama jika si Kecil masih sering gumoh atau muntah.

2. Ketika bayi selesai menyusu dan ada ASI menempel di wajah terutama pipi, harus segera dilap atau dibersihkan dengan kapas atau sapu tangan yang dicelupkan ke air hangat. Kenapa harus air hangat? Agar lemaknya hilang ya Moms.

3. Rajin oleskan pelembap di bagian wajah yang kemerahan supaya kulit bayi tidak kering.

4. Jika baby suka memasukkan tangan ke dalam mulut, bisa jadi tangan yang terkena liur menyentuh pipi. Pastikan sering-sering bersihkan tangan baby juga ya Moms.

Setelah menerapkan beberapa hal di atas, dalam waktu beberapa hari, bercak merah hilang dengan sendirinya. Kesimpulannya, tidak selalu bercak merah karena si Kecil alergi ASI. Namun, bila ruam diikuti gejala seperti kolik parah, perut tidak nyaman, bayi rewel, bisa jadi si Kecil alergi ASI. Sebagai penanganannya, hindari konsumsi produk seperti susu sapi, telur dan seafood.

 

Semoga bermanfaat.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Istri Hamil, Kok Suami yang Ngidam?
Artikel Selanjutnya
Begini Aturan ketika Melarang Anak