Sukses

Jangan Simpan 5 Benda Ini Dalam Kamar Mandi

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda lebih suka meletakkan sikat gigi hingga peralatan make up di dalam kamar mandi. Hal itu memang terasa lebih praktis. Namun, meletakkan barang di kamar mandi rupanya bisa berdampak serius bagi kesehatan. 

Beberapa benda yang sengaja diletakkan atau disimpak di kamar mandi berisiko terkena bakteri. Hal ini tentunya juga akan berpengaruh bagi kesehatan pemakainya.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa barang yang sebaiknya tidak diletakkan di kamar mandi:

1. Obat

Obat-obatan dan vitamin seharusnya disimpan pada suhu ruangan antara 68 dan 77 derajat Fahrenheit.

Jika menyimpannya di ruangan yang dipenuhi uap air, seperti kamar mandi, dapat membuatnya kurang manjur atau bahkan menjadi kedaluwarsa sebelum tanggalnya, menurut U.S. National Library of Medicine.

2. Handuk

Kamar mandi merupakan tempat berkembang biak jamur dan bakteri yang dapat membawa penyakit bagi tubuh. Handuk rentan jadi tempat berkembang biak bakteri tersebut.

Menurut Charles Gerba, ahli mikrobiologi di University of Arizona, Amerika, kamar mandi merupakan tempat yang paling buruk untuk menyimpan handuk.

 

2 dari 2 halaman

Sikat gigi hingga make up

3. Sikat gigi

Sebuah studi tahun 2012 dari Manchester University, Inggris menemukan bahwa sikat gigi mungkin menampung lebih dari 10 juta bakteri. Bahkan sebagian dari bakteri tersebut berasal dari kotoran ketika menyiram toilet.

Jika Anda masih memilih untuk menyimpan sikat gigi di kamar mandi, dianjurkan untuk menggunakan tutup sikat gigi serta menutup jamban sebelum menyiramnya.

4. Alat make up

Menurut artikel Bustle, meninggalkan produk kecantikan di kamar mandi dapat menjadikannya lembap dan memungkinkan jamur serta bakteri menyebar ke peralatan make up.

5. Alat cukur

Sebuah artikel dalam Good Housekeeping mencatat, jika alat cukur dibiarkan di dalam kamar mandi, pisau pada alat cukur bisa berkarat atau kusam, karena udara lembap.

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Inspirasi Menata Kamar Mandi Agar Serasa di Hotel Mewah
Artikel Selanjutnya
Warga Joglo Temukan 18 Ular Kobra di Kloset Kamar Mandi